Tegas Tolak Reklamasi, Ini Pesan Prabowo Kepada Anies Baswedan


[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah keberpihakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kepada pengembang reklamasi.

"Jangan dibayangkan seperti kesannya beliau mendukung salah satu pihak. Tidak," kata Anies di Balai Kota DKI, Selasa, 24 Oktober 2017.

Anies mengatakan, Prabowo justru menekankan agar Anies menjaga kepentingan publik dan mengutamakan kepentingan rakyat terkait polemik reklamasi Teluk Jakarta.

"Pak Anies jalankan yang menurut Pak Anies benar. Yang penting semua untuk kepentingan rakyat sesuai perundangan dan tidak ada kepentingan apapun juga," ujarnya mengulang pesan Prabowo kepada dirinya.

Prabowo Subianto memfasilitasi pertemuan Anies dengan pengembang reklamasi pada awal Agustus 2017, yaitu Tommy Winata dan Richard Halim, putra pemilik Agung Sedayu Grup, pengembang Pulau C dan D. Pertemuan yang digelar di rumah Prabowo di Hambalang, Bogor, Jawa Barat itu dibenarkan oleh Anies. Pertemuan diatur tanpa sepengetahuannya.

Dalam pertemuan, Anies mengatakan dia sama sekali tidak membicarakan arahan terkait kebijakannya di pulau reklamasi yang belum terbangun.

"Saya datang ke situ, mereka menjelaskan, ya saya dengerin saja," ujarnya.

Adapun untuk pulau yang sudah terbentuk, Anies menyarankan untuk membaca kembali janji kampanyenya bersama Sandiaga Uno. Dalam situs kampanye Anies-Sandi, Jakartamajubersama.com, disebutkan bahwa Anies-Sandi memiliki program kerja menghentikan reklamasi Teluk Jakarta untuk kepentingan pemeliharaan lingkungan hidup serta perlindungan terhadap nelayan, masyarakat pesisir dan segenap warga Jakarta.

Untuk pulau yang sudah telanjur dibangun akan dikembalikan fungsinya untuk kepentingan masyarakat, konservasi, dan infrastruktur. Anies-Sandi juga menolak pembangunan pulau-pulau reklamasi untuk kepentingan komersial. Mereka akan mengganti tujuan reklamasi menjadi rehabilitasi pantai agar kembali makmur, bersih, dan mendukung nelayan.

Namun Anies berjanji dia juga akan memastikan pemberian jalan keluar terbaik bagi pengembang yang sudah investasi di pulau reklamasi.

Berikut cuitan akun resmi partai Gerindra.