TAJAM! Rocky Gerung: Ambisi Kekuasaan Hancurkan Kedaulatan Bangsa


[PORTAL-ISLAM.ID]  Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB-UI) Rocky Gerung menyatakan kedaulatan bangsa yang berubah sekarang ini semata-mata hanya dilandasi oleh ambisi. Dan, ambisi itulah yang menghancurkan kedaulatan bangsa.

“Bangsa ini gagal mencerna buah reformasi karena ambisi kekuasaan, ambisi kekuasaan hancurkan kedaulatan bangsa,” kata Rocky dalam Seminar bertema ‘Kedaulatan Bangsa Pasca Reformasi’, di Aula Terapung, Perpustakaan Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Jumat, 27 Oktober 2017.

Menurutnya, kita saat ini hidup dalam kondisi itu. Kedaulatan ambisi dan arogansi sangat dikedepankan pada bangsa ini.

“Kita telah gagal mencari terobosan agar dapat bangkit. Bagian dari bangsa yang hilang adalah kemampuan untuk menghasilkan pikiran akademis,” ujar Dosen Filsafat UI ini.

Selain itu, Rocky mengatakan bahwa bangsa Indonesia saat ini sangat membutuhkan seorang pemimpin yang memiliki pemikiran besar membangun bangsa.

“Negara kita butuh pemimpin yang memiliki pemikiran besar. Kalau sekarang saja membicarakan yang kecil tidak mampu bagaimana ingin membicarakan masalah yang besar,” tukasnya.