Sandiaga: "Sudah Final, Kami Hentikan Reklamasi!" -- Silakan 9 Cacing Gigit Jari


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno, tegas untuk menghentikan mega proyek reklamasi. Tidak ada tawar menawar. Ia ingin menunaikan 23 Program kerja yang dijanjikan selama masa kampanye Pilkada DKI 2017 kemarin.

"Pandangan sudah jelas buat kami, tertulis jelas di rencana kerja, bahwa kami mengambil posisi menghentikan reklamasi. Sudah final," kata Sandiaga saat diskusi bertema 'Untung Rugi Reklamasi' di DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Minggu, 29 Oktober 2017.

Menurut Sandi, saat ini terkait reklamasi tidak akan dilanjutkan, sebab itu merupakan mandat rakyat Jakarta yang dipercayakan kepadanya dan Anies Baswedan. Sandi meminta semua pihak untuk sama-sama mencari cara untuk menjalankan mandat dari rakyat tersebut.

"Bagi kami reklamasi bukan untung rugi, tetapi keberpihakan rakyat kecil, kaum tertindas, dan termarjinalkan. Keinginan kami sama-sama menghadirkan kepastian (terkait reklamasi)," ujarnya.

Menurut Sandi, kepastian hukum adalah suatu hal yang sangat penting bagi para pengusaha. Untuk itu, ia memastikan kepada para pengusaha bahwa proyek reklamasi tidak akan dilanjutkan.

"Saya juga pengusaha, kepastian hukum menjadi beban pengusaha. (Ini) kepastian bagi pengusaha bahwa reklamasi dihentikan, dan mari kita duduk sama-sama untuk menata ke depan dalam proses transparan terbuka dan berkeadilan," ujarnya, seperti dilansir VIVA.co.id.

Keputusan dan ketegasan Sandi ini disambut gembira dan apresiasi publik.

"Salute berani melawan cukong2 pengembang dan kekuatan bos2 besar," kata Surya Adinata Purba.

"Mantap bang jangan takut! Sy prnah krj di sktar area reklamasi, kyknya lama2 bs bkn pelabuhan kecil2an shngga pendatang dari sebrang nun jauh di sana bs turun dst tnp ke tnjung priok/sunda klapa lg bang!" komen Bang Achim.

Netizen lain menilai Sandiaga "Shalahuddin" Uno seperti Pahlawan Islam panglima Shalahuddin.

"Siapakah Shalahuddin?? panglima termashur, paling brilyan dan pemberani..
sang penakluk, berhadapan dengannya adalah momok buat musuh pada masanya..
Apakah wagub kita memiliki sifat sesuai nama besarnya??
in syaAllah kita doakan beliau tak pernah takut jika berada diatas kebenaran," ujar Toto.