Pengusiran Perahu Nelayan beserta Jurnalis di Area Reklamasi Sudah Memenuhi Definisi "Kolonial" KBBI


[PORTAL-ISLAM.ID] Publik sangat terkejut dengan penuturan Pemimpin Redaksi tvOne, Karni Ilyas, yang menceritakan seorang reporternya bersama tim peliputan yang menumpang perahu nelayan diusir ketika berusaha mereportase perkembangan reklamasi Teluk Jakarta.

Dalam video yang viral, wartawan perempuan tvOne yang naik perahu nelayan saat mendekat ke pulau Reklamasi langsung dihadang oleh pihak keamana Reklamasi.

"Padahal ini dalam laut milik NKRI kita bebas mengarungi lautan kita sendiri, tapi pihak keamanan Reklamasi tidak memperbolehkan, bahkan kapal nelayan tidak boleh mendekat," tutur wartawan tvOne.

Sontak kejadian ini membuat publik berang karena wilayah NKRI yang sekarang sedang digarap proyek Reklamasi di Teluk Jakarta seperti bukan lagi wilayah NKRI. Sudah seperti Negara dalam Negara.

Bahkan apa yang dialami reporter dan perahu nelayan yang tidak boleh melintas dan melewati jalur laut Reklamasi ini SUDAH MASUK KATEGORI KOLONIAL berdasarkan definisi dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

"kolonial/ko·lo·ni·al/ a berhubungan dengan sifat jajahan: pemerintah -- mendirikan benteng dan menguasai jalur pelayaran di kepulauan itu."

Link: https://kbbi.web.id/kolonial

Tak salah kalau publik kemudian menyerukan TNI untuk bertindak karena sudah merupakan ancaman bagi kedaulatan NKRI.

[video]