Luar Biasa! Sepanjang Kampanye hingga Pemilihan, Anies-Sandi Diserang 106 Berita Hoax, Namun Gagal Menghadang


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Untuk melenggang sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta bukanlah perkara mudah. Seperti yang dirasakan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih yang akan dilantik hari ini, Senin (16/10/2017), Anies Baswedan-Sadiaga Uno.

Dalam situs resminya yang khusus untuk mengklarifikasi berita hoax (bohong) fitnahlagi.com, hingga hari ini tercatat sudah ada 106 berita miring yang pernah dialamatkan pada Anies -Sandi.



Salah satunya yang cukup menghebohkan adalah fitnah Anies berpoligami. Namun, semua itu akhirnya terbantahkan dan tidak mampu melunturkan kepercayaan masyarakat kepada Anies.

Pernikahan Anies Baswedan dan Fery Farhati Ganis sudah memasuki 20 tahun dan telah dikaruniai empat anak. Pasangan ini jauh dari pemberitaan negatif di media dan merupakan keluarga harmonis layaknya keluarga pada umumnya.

"Jadi tidak benar kabar Anies memiliki istri di Amerika dan/atau Australia. Kuasa hukum Anies sendiri melaporkan penyebar kabar tidak benar tersebut ke pihak kepolisian karena ini merupakan fitnah dan melanggar pasal 310 dan 311 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) junto pasal 27 ayat 3 UU ITE," begitu tulis situs Fitnahlagi.com.

Dan adapula soal kedekatan Sandiaga Uno dengan penyanyi dangdut Dewi Persik. Tahun 2008, HIPMI mengadakan acara di Bali dan mengundang penyanyi dangdut Dewi Persik. Ketika Dewi tampil, ada penonton yang berteriak agar Dewi yang tampil seksi, sekalian saja membuka pakaiannya. Ketika ditanya dalam sebuah wawancara, Dewi berkata pengusaha itu bernama Diego. Kemudian Farhat Abbas yang menyebutkan nama Sandiaga Uno.

Pernyataan tersebut tidak benar dan hanya fitnah semata yang ditunjukkan kepada Sandiaga. Memang ada penonton yang berteriak, namun bukan Sandi. Ketika itu, Sandi menghadiri acara bersama Nur, istrinya.

Baik Sandi maupun istrinya sudah memberikan penjelasan bahwa bukan Sandi yang berteriak. Kejadian ini ditanggapi Sandi sebagai fitnah yang sengaja diungkit lagi mejelang putaran kedua pilkada Jakarta.

Namun, ratusan berita hoax tersebut tidak mampu menggagalkan dan menghalau Anies-Sandi yang mampu menang telak atas petahana dengan perolehan 57,96 % suara.(fin/Okezone)