Dirgahayu TNI ke-72 (5 Oktober 1945 - 5 Oktober 2017) "BERSAMA RAKYAT, TNI KUAT"


[PORTAL-ISLAM.ID] Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan ulang tahun ke-72 hari ini, Kamis 5 Oktober 2017.

Peringatan HUT TNI ke-72 yang digelar di Dermaga Indah Kiat Cilegon Banten ini mengambil tema "Bersama Rakyat TNI Kuat".

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menerangkan tentang makna tema tersebut. Jenderal Gatot mengatakan tema itu membuktikan dari dahulu saat merebut kemerdekaan hingga sekarang TNI selalu berjuang bersama rakyat.

"Maka sentral kekuatan TNI adalah bersama rakyat," ungkap Jenderal Gatot Nurmantyo saat gladi bersih di Cilegon, Banten, 3 Oktober 2017. "Tanpa rakyat TNI tidak ada apa-apanya," tegasnya.

Jenderal Gatot menjelaskan sejak dahulu sejarah membuktikan perebutan kemerdekaan Indonesia adalah rakyat. Setelah itu, kata dia, tugas TNI lah yang menjaga dan memelihara keamanan rakyat.

Dia mengatakan hal itu terbukti selama 72 tahun TNI mampu melaksanakan tugasnya. "Tugasnya melindungi segenap tumpah darah persatuan dan kesatuan itu bersama-sama dengan rakyat," ujarnya.

Jenderal Gatotsesuai menegaskan dengan tema HUT TNI Bersama Rakyat, TNI akan berjuang bersama dengan rakyat. Sebab, menurut dia, rakyat adalah ibu kandung TNI. "Maka TNI harus berjuang bersama rakyat untuk rakyat, menjaga kedaulatan ini bersama," tuturnya, seperti dilansir Tempo.

HUT TNI ke-72 ini akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo yang menjadi inspektur upacara, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan sejumlah tokoh lainnya. Para prajurit akan menampilkan atraksi terbaik mereka di hadapan presiden dan panglima TNI.

[VIDEO - Ucapan HUT TNI Ke-72 Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo]