[Catatan] Jadilah Tamu yang Tahu Diri

Body

[PORTAL-ISLAM.ID]
*Jadilah tamu yang tahu diri.*

Karena yang tidak tahu diri itu adalah sifatnya penjajah, perampok dan sejenisnya.

Saya Irene Radjiman, Irene adalah nama baptis saya, Radjiman adalah nama ayah saya.

Dari kecil hingga sebelum menikah saya di didik secara Katolik oleh ayah saya. Padahal ibu saya seorang muslimah. Saat setiap minggu, ayah saya selalu menyuruh saya untuk sekolah minggu, ibu saya tidak pernah komplain, karena kepemimpinan ada di tangan ayah saya. Saat rumah kami dipenuhi ornamen tanda salib, gambar Yesus, patung bunda Maria. Ibu saya juga ga pernah teriak :"Bhineka Tunggal Ika...!!! NKRI harga mati....!!!! Karena ibu saya tahu diri, di dalam rumah itu beliau adalah minoritas.

Saat pertama kali muncul seorang mualaf di keluarga kami yaitu kakak pertama saya, kakak saya juga tidak pernah meminta di dirikan mushala di rumah kami, padahal rumah kami sangat besar dan lebih dari cukup kalo hanya untuk membangun mushala. Ditambah secara finansial kakak saya yg mualaf sangat2 makmur dibanding yg lainnya, namun tidak dia gunakan hartanya untuk suatu tindakan yang "tidak tahu diri"

Saat saya akhirnya menyusul menjadi mualaf & tidak diperbolehkan melangsungkan pernikahan dirumah ayah, saya juga tidak komplain, karena saya "tahu diri".

Apakah yg dilakukan alm. Ibu saya, kakak saya & saya sendiri, karena kami takut pada ayah ? Bukaaaannnn, kami menurut & diam karena yg dilakukan ayah saya bukan hal yg prinsip.

Ayah saya hanya menyuruh saya sekolah minggu, bukan melarang ibu saya shalat. Ayah saya hanya tidak bersedia saya menikah dirumahnya, bukan tidak memperbolehkan saya memilih keyakinan saya sendiri.

Saat saya dilarang memakai hijab dirumah ayah saya, saya lepas hijab saya saat bersama ayah. Tapi saat saya keluar untuk menemui tamu, saya pakai kembali. Saat ayah saya marah, saya katakan : "Ayah, ini adalah pakaian saya sekarang, ayah tidak bisa larang, ini kewajiban saya memakainya." Ayah saya bisa mengerti.

Inilah Islam. Agama yang sangat sempurna & jelas mengatur, kapan harus diam untuk "tahu diri" dan kapan harus "tetap pada hak kita". Ini adalah "lakum dinukum waliyadin"

Tetangga kami 90% pribumi muslim, mereka selalu ada saat kami susah, mereka selalu bersedia membantu saat ayah saya punya hajat, mereka bersedia silaturahmi di hari natal walau bibir mereka tidak mengucapkan "Selamat natal" namun kedatangan mereka membuktikan bahwa mereka menganggap kami ada, dan kami juga bagian dari mereka.

Bahkan mushala ditempat kami sering dijadikan "meeting room" oleh warga, ayah saya juga hadir. Ayah juga tidak pernah komplain, ataupun teriak : "knpa perkumpulan warga harus di mushala, ini kan negara Pancasila yg ber-bhineka tunggal ika...!!!"

Itu artinya ayah saya juga "tahu diri" bahwa beliau adalah minoritas di lingkungannya. Walaupun beliau adalah tuan tanah, tidak menjadikan beliau pongah merasa berhak komplain sembarangan, membabi buta.

Sekarang kenapa harus jadi masalah kata-kata "Pribumi" dalam pidato pak Anies Baswedan ? Apa yang salah ? Bukankah pidato beliau bagus, menyemangati pribumi, sebagai pemilik syah negeri ini yang seharusnya menjadi tuan rumah di rumah mereka sendiri. Menjadi warga negara kelas 1, bukan warga negara kelas 3..!!! Apa yang salah ?

Bila anda merasa pribumi, bangkitlah...!!! Bantu bahu membahu bersama saudara-saudara pribumi. Bila anda merasa bukan pribumi, artinya anda adalah tamu "anda tidak berhak komplain apapun...!!! Ini bukan rumah anda...!!!"

Pribumi disini baik-baik. Belanda yang sudah menjajah ratusan tahun saja, tidak ada rasa dendam tuh, masih bebas touring di Nusantara ini.

Sejak kapan tamu bisa komplain, saat ada seorang ayah yang memberikan semangat kebangkitan bagi anak-anaknya ?

Sudahlah bertamu, merampok, tuan rumahnya dilaporkan, eehhh tuan rumahnya malah dikasih tausyiah lagi sama perampoknya. Anda waras ?

*Jadilah tamu yang tahu diri*




Baca juga :