CATAT! Pemeran Soeharto di Film G30S/PKI: Ciri PKI, Pecah Belah dan Bubarkan Ormas


[PORTAL-ISLAM.ID]  Aktor film senior, Amoroso Katamsi, hadir hadir dalam Seminar dan Nonton Bareng (NOBAR), Film G30S/PKI di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 30 September 2017.

Pada kesempatan tersebut, pemeran Mayjen Soeharto itu menyampaikan bahwa, sebagai pekerja seni, harus profesional. Oleh sebab itu, Amoroso Katamsi, berusaha sebaik mungkin dalam peran yang mainkan. Sebelum akting dilaksanakan, ia mengaku telah melakukan observasi. Apalagi, saat peristiwa G30S/PKI terjadi, usianya cukup matang dan menjadi anggota TNI berpangkat Letkol.

Amoroso membantah tudingan bahwa film G30S/PKI sebagai rekayasa belaka. Sebaliknya, film tersebut dibuat tanpa tekanan pengaruh siapa pun dan kaya muatan sejarah sebenarnya, yang tak boleh dilupakan rakyat Indonesia.

Sedikit Amoroso mengisahkan, sebagai mantan aktivis HMI saat itu, ia tahu betul bagaimana kedzaliman yang dilakukan PKI, saat menjadi partai besar. Salah satu cirinya adalah melakukan pecah belah dan pembubaran ormas-ormas.

"Salah satu yang menjadi ciri daripada PKI adalah memecah belah organisasi," ujarnya.

Berikut videonya.



Sumber: Panjimas