WOW! Papa Novanto Tetapkan Ridwan Kamil Jadi Cagub Jabar


[PORTAL-ISLAM.ID] Partai Golkar membuat langkah mengejutkan di Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2018. Ketua Umum Golkar Setya 'Papa' Novanto menetapkan Ridwan Kamil sebagai cagub Jabar.

Penunjukan itu tertuang dalam surat DPP Golkar yang dikirim ke Ketua DPD Golkar Jabar. Surat itu memang belum ada nomornya, juga tanggalnya, namun sudah ada tanda tangan Ketum Golkar Setya Novanto dan Sekjen Golkar Idrus Marham di bagian bawah surat.

"Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar menetapkan dan mengesahkan Sdr H Mochamad Ridwan Kamil ST MUD sebagai calon Kepala Daerah berpasangan dengan Sdr H Daniel Mutaqien Syafiuddin ST sebagai calon Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Barat yang diusung Partai GOLKAR dalam Pilkada serentak Putaran ke-3 tahun 2018," demikian bunyi surat itu.

Dalam surat itu, Ketua DPD Jabar, yang notabene Bupati Purawakarta, Dedi Mulyadi diperintahkan menindaklanjuti keputusan tersebut. Surat itu juga menyatakan keputusan DPP Golkar bersifat final.

Link: https://news.detik.com/berita/3653374/bikin-kaget-novanto-tetapkan-ridwan-kamil-jadi-cagub-jabar

Ridwan Kamil akan berpasangan dengan Daniel Mutaqien Syafiuddin yang saat ini merupakan anggota DPR RI dari Golkar Dapil Jawa Barat VIII.

Daniel Mutaqien Syafiuddin adalah anak dari Tokoh Golkar Jawa Barat dan Ketua DPD Golkar di Jawa Barat Irianto Syafrudin, mantan bupati Indramayu yang sekarang jabatan bupati dijabat oleh istrinya, Anna Sophana.
 
Langkah Papa Novanto mendukung Ridwan Kamil sebagai cagub di Pilkada Jabar ini mirip dengan langkah Papa Novanto di Pilkada DKI yang mendukung Ahok.

Dengan dukungan GOLKAR ini, maka syarat 20% kursi DPRD (atau 20 kursi dari total 100 kursi) untuk mengusung pasangan cagub cawagub di Pilkada Jabar 2018 sudah terpenuhi.

Partai NasDem 5 kursi ditambah Golkar 17 kursi = 22 kursi.