Udunan Denda PERSIB Sudah Terkumpul Rp 50 Juta Lebih, PSSI Gantian Pusing Bakal Dikasih KOIN RECEH


[PORTAL-ISLAM.ID] Dalam tempo 3 hari dari batas waktu 14 hari, aksi pengumpulan donasi #KoinUntukPSSI baik secara langsung mapun via online untuk membayar denda yang harus dibayar Persib Bandung sudah tembus melebihi Rp 50 juta.

Udunan yang melalui online lewat sharinghappiness.org per hari ini, Ahad (17/9/2017) pukul 08.00 WIB sudah terkumpul Rp 50.749.471.

Link: https://sharinghappiness.org/kampanye/show/421-bantu-bobotoh-udunan-denda-dan-rohingya

Jumlah donasi ini belum termasuk hasil sumbangan dari sejumlah pihak, baik individu maupun organisasi yang menyalurkannya langsung di outlet Viking Official Merchandise (VOM) di Komplek Pertokoan Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, maupun yang digalang di daerah-daerah lain.

Komandan supporter Persib, Yana Umar menyebutkan, pihaknya akan menyerahkan sendiri uang denda dari PSSI dalam bentuk koin. PSSI pun diminta untuk menerima uang berbentuk koin tersebut. Sementara sisanya akan diberikan untuk membantu Rohingya.

“Yang koinnya yang kita kasih ke mereka. Saya antar ke sana. Tidak mau kalau disuruh transfer, saya penginnya mau kasih langsung ke PSSI,” ungkap Yana ketika dihubungi Republika.co.id, Sabtu (16/9).

Menurut Yana, mau tak mau, PSSI harus menerima koin-koin tersebut sebagai bentuk pembayaran denda yang dijatuhkan ke klub Persib Bandung.

Apabila PSSI menolak koin-koin tersebut, kata Yana, berarti PSSI jangan lagi meminta uang denda ke Persib. “Harus terima atuh (dong), kan kita denda. Kalau minta denda harus terima, kalau tidak mau terima berarti jangan lagi minta ke Persib. Koin kan sama juga uang dari BI ya, uang dari negara kan sama saja,” ujar Yana.

Koin yang terkumpul hingga Rp 50 juta tentu tak sedikit. Tapi, Yana mengaku tak khawatir kesulitan menghitung koin-koin yang terkumpul.

“Ah, kan ada mesin (penghitung). Kita kan ada mesinnya, nggak tahu kalau PSSI ada mesinnya apa nggak. Kalo nggak ada ya manual aja dihitungnya,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, Persib didenda uang sebesar Rp 50 juta oleh PSSI akibat aksi koreografi 'SAVE ROHINGYA' yang dilakukan oleh Bobotoh pada pertandingan melawan Semen Padang 9 September lalu di stadion Si Jalak Harupat.

Sejak PSSI menjatuhkan vonis bersalah kepada Persib karena adanya aksi tersebut, banyak pihak yang langsung menyatakan dukungannya dan udunan, tak terkecuali tokoh masyarakat seperti Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Presiden PKS Sohibul Iman bahkan menyerukan kader dan simpatisan PKS turut galang #KoinUntukPSSI.