NAH! Taufik Ismail: Tahun Ketiga Jokowi Mirip Kebangkitan PKI


[PORTAL-ISLAM.ID] Tokoh sastrawan Taufik Ismail telah mengingatkan dan menilai kondisi Indonesia pada tahun ketiga Presiden Joko Widodo memerintah, seperti situasi kebangkitan Partai Komunis Indonesia.

"Situasi minggu-minggu dan bulan-bulan terakhir ini, mirip situasi pada tahun 62, 63, 64, dan 65," kata Taufik, dalam sambutannya dalam deklarasi Alumni Universitas Indonesia Bangkit untuk Keadilan di Perpustakaan UI, pada 27 Januari lalu, seperti dilansir Tempo.co.

Menurut penyair itu, pada tahun-tahun itu PKI sedang menyusun kekuatannya dengan sehebat-hebatnya untuk merebut kekuasaan. Setelah PKI gagal pada 1926 dan 1948, mereka akhirnya berhasil menghasut Presiden Sukarno, untuk membubarkan Dewan Perwakilan Rakyat yang demokratis, yang dipilih dengan jujur dan tanpa bunuh-bunuhan. Bahkan, tidak ada penipuan penghitungan suara, dan diikuti oleh pers dunia.

Pers Amerika dan Eropa, menyebut ada negara baru sembilan tahun merdeka mengadakan pemilihan yang bersih, dan tidak ada tandingannya di dunia dalam berdemokrasi, yaitu Indonesia. "Tidak ada penghitungan suara yang dicurangi. Ketuanya tokoh besar Masyumi Burhanudin Harahap, dia netral dan tidak mengaju-ngajukan Masyumi supaya menang."

Ia memaparkan situasi politik berubah ketika Sukarno membubarkan DPR yang demokratis. Sukarno menunjuk 200 orang menjadi anggota DPR yang baru dan melantiknya.

Anggota DPR yang baru mengangkat Sukarno menjadi presiden seumur hidup. Namun, Mohammad Hatta tidak setuju, lalu meletakkan jabatan sebagai wakil presiden.

"Dia (Sukarno) tidak tahu orang komunis ini kerjanya berdusta dan menjegal. Konsep Nasakom dijegal. Dan mereka merebut kekuasaan ketiga kalinya (G30S/PKI), tapi gagal juga." (Sumber: TEMPO)


BAGAIMANA MENURUT ANDA?

SETUJUKAH DENGAN PERNYATAAN TAUFIK ISMAIL?


Baca juga :