Tak Bisa Makan Melihat Penderitaan Muslim Rohingya, Penjual Roti Keliling Turki Sumbangkan Hasil Jualan Untuk Rohingya


[PORTAL-ISLAM.ID] "Saya tidak bisa makan apapun saat Idul Adha. Bagaimana bisa kita makan daging sedangkan mereka (Muslim Rohingya) kelaparan?" kata Erkan Ayhan.

Erkan Ayhan, 40, adalah penjual keliling roti asimit di provinsi Kocaeli di barat laut Turki. Dia telah menyumbangkan hasil dua hari jualan roti sebanyak 147 lira Turki ($43 / Rp 571.900) untuk membantu Muslim Rohingya.


"Saya telah memutuskan untuk melakukan yang terbaik karena dunia tetap diam. Namun Rohingya tidak akan terbebas hanya dengan bantuan saya, untuk itulah saya mendorong dunia untuk bertindak bagi saudara dan saudari kita," kata Erkan Ayhan, seperti dilansir Daily Sabah, Jum'at (8/9/2017).

Ayhan jalan kaki berkeliling jualan roti dengan memakai kaos putih bertuliskan pesan dalam bahasa Turki: "Dunia kalian kejam, Arakan menderita tetapi kalian tidak bertindak."

Ayhan mengatakan bahwa ia tidak bisa tidur setelah menonton gambar-gambar muslim Rohingya yang tertindas.

"Mereka (penguasa Myanmar) membunuh saudara dan saudari kita di Rakhine," kata Ayhan.

"Saya meminta semua umat Islam untuk berdoa bagi Rohingya dan membantu mereka," tambahnya



Ayhan hanyalah pedagang kecil, tapi memiliki hati yang besar. Hati yang mengetuk umat Islam seluruh penjuru dunia untuk peduli dan membantu muslim Rohingya.

Ya Allah... saksikanlah... inilah umat-Mu, umat Islam, kami satu tubuh, raga kami terpisah oleh batas geografi, tapi hati kami satu.

Sumber: Daily Sabah, Turkey Ottomany