Mantap! Puluhan Ribu Muslim Chechnya Lakukan Aksi Solidaritas untuk Rohingya


[PORTAL-ISLAM.ID] GROZNY - Senin (4/9/2017), puluhan ribu orang turun ke jalan-jalan di Grozny ibukota Republik Chechnya, negara federasi Rusia yang mayoritas Muslim untuk memprotes apa yang disebut pemimpin Chechnya “genosida Muslim” di Myanmar.

Sekira 30 ribu orang ikut ambil bagian dalam unjuk rasa tersebut. Aksi solidaritas tersebut dilakukan berselang satu hari dari unjuk rasa yang digelar Muslim Rusia di depan Kedutaan Besar Myanmar di Moskoc serta sejumlah aksi lainnya di Dagestan.

Diwartakan The Independent, pemimpin Chechnya Ramzan Kadirov dalam pidatonya menyatakan siap untuk menentang pemerintah Rusia jika terus mendukung militer Myanmar tanpa mengambil tindakan. Ia menyamakan tindakan kejam militer Myanmar terhadap muslim Rohingya dengan ‘holocaust’ yang dilakukan Nazi Jerman.

Aksi unjuk rasa di Grozny seakan memenuhi janji Ramzan lewat media sosialnya ketika merespon aksi Muslim Moscow di Kedutaan Besar Myanmar sebelumnya. Kadyrov mengatakan, warga Muslim Chechnya akan menggelar shalat bersama dan mendoakan saudara-saudara mereka di Myanmar.

[Video - Aksi Solidaritas Umat Islam Chechnya untuk Rohingya]


WATCH: Tens of thousands protest in Russia's Grozny in solidarity with Rohingyas
Dikirim oleh Press TV pada 4 September 2017