Mantan Pemimpin IM Syeikh Mahdi Akef Meninggal Dipenjara Rezim Kudeta As-Sisi

Asy-Syeikh Muhammad Mahdi Akif (12 Juli 1928 – 22 September 2017)

[PORTAL-ISLAM.ID] CAIRO - Mantan Pemimpin Ikhwanul Muslimin Muhammad Mahdi Akef (محمد مهدي عاكف), yang dipenjara rezim kudeta As-Sisi, meninggal pada hari Jumat (22/9/2017) saat dirawat di sebuah rumah sakit di Kairo dalam usia 89 tahun.

Putrinya, Aliya Mahdi Akef membuat pengumuman di Facebook, mengatakan "Ayah saya dalam perlindungan Allah. Innalillahi wainna ilaihi roji'un".

Mahdi Akef ditangkap dan dipenjara sejak tahun 2013 setelah militer yang dipimpin As-Sisi menggulingkan Presiden sah Mesir Mohamed Morsi dan memenjarakan para pemimpinnya, pendukungnya dan anggota-anggota IM lainnya.

Akef, yang lahir pada tahun 1928, memimpin Ikhwan dari tahun 2004 sampai 2010.

Di bawah kepemimpinan Akef, Ikhwanul Muslimin memenangkan 20 persen kursi parlemen pada pemilihan legislatif tahun 2005, sebuah pencapaian bersejarah untuk gerakan yang kemudian dilarang namun ditolerir.

Kelompok ini muncul sebagai kekuatan oposisi terorganisir melawan rezim presiden Hosni Mubarak, berkampanye melawan kebrutalan polisi, korupsi dan ketidaksetaraan yang merajalela.

Mubarak akhirnya digulingkan pada 2011 setelah 18 hari rakyat Mesir melakukan revolusi Arab Spring.

Saat pemilu demokratis digelar pasca kejatuhan Mubarak, partai bentukan IM (FJP) memenangkan pemilu dengan perolehan suara 47%. Kemenangan IM ini berlanjut dengan kemenangan Pilpres 2012 dimana pemimpin IM Mohammed Morsi terpilih sebagai presiden. Kemenagan yang tak lama karena disusul kudeta militer As-Sisi.

Akef menghabiskan lebih dari 26 tahun hidupnya di penjara, pertama kalinya dipenjara tahun 1954 pada masa Presien Gamal Abdel Nasser.

Setelah kudeta Morsi dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh rezim As-Sisi yang didukung Saudi.

Pengadilan Kasasi membatalkan putusan tersebut dan memerintahkan pengadilan baru, namun membiarkannya berada di balik jeruji besi lagi.

Syeikh Akef meninggal saat masih dipenjara Mesir... satu-satunya penjara yang diabadikan Allah dalam Al-Qur'an, dalam kisah Nabi Yusuf alaihissalam.

Kematian yang indah.. akhir hidup dalam keistiqomahan berjihad di jalanNya.

Sang Mujahid telah pergi. Syahid di penjara As sisi la'natullah.

رحم الله الشيخ مهدي عاكف رحمة واسعة