Aksi Solidaritas Umat Islam Jawa Barat Dihadiri Deddy Mizwar: Genosida Muslim Rohingya Tidak Bisa Dibiarkan


[PORTAL-ISLAM.ID] BANDUNG - Ribuan massa Umat Islam Jawa Barat dari berbagai ormas menggelar Aksi Solidaritas Untuk Rohingya di halaman Gedung Sate kota Bandung, Senin, 4 September 2017.

Hadir dalam Aksi ini Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. Dalam orasinya Deddy Mizwar menegaskan genosida (pembasmian) atas muslim Rohingya tidak bisa dibiarkan, harus segera dihentikan.

Sementara itu, Koordinator Forum Ulama dan Tokoh Jawa Barat, Ali Bayanullah Al Hafiz menyatakan tindakan kejam pada kelompok Muslim Rohingnya sudah sangat keji. Kekerasan ini bahkan telah terjadi bertahun-tahun tanpa ada penghentian hingga banyak Muslim Rohingya yang melarikak diri dari Myanmar karena tidak kuat. Namun pembantaian tersebut tak kunjung usai dan tanpa solusi.

"Kami mengutuk keras sikap diamnya para pemimpin Myanmar dan menuntut mereka menghentikan kebiadaban yang dilakukan atas umat Islam Rohingya, sekarang juga," kata Ali.

Ali mengatakan, pihaknya mendesak pemimpin-pemimpin negara Muslim bergerak atas insiden yang menimpa saudara sesama warga Muslim. Salah satunya dengan mengirimkan bantuan tentaranya menghadapi pemerintah Myanmar

"Menuntut kepada para pemimpin negeri-negeri muslim untuk mengirimkan tentaranya menghentikan kebiadaban tentara Myanmar dalam pembantaian umat Islam Rohingya," ujarnya.

Pihaknya juga menuntut agar diputusnya hubungan diplomatik dengan Myanmar serta mengusir Duta besar Myanmar. Hal ini sebagai bentuk protes keras agar pemerintah Myanmar menghentikan pembantaiaj Muslim Rohingya.

Ia menilai momentum ini harus menjadi pengingat untuk mengajak semua pihak makin menyadari bahwa umat Islam harus bersatu. Sehingga dapat melawan pihak-pihak yang ingin menghancurkan Islam. (ROL)

Berikut cuplikan liputan video: