Ustadz Adi Hidayat dan Isyarat Kebangkitan Islam


[PORTAL-ISLAM.ID] Hingga pukul 23.00 wib, kajian bersama Ustadz Adi Hidayat di Masjid Al Hidayah, Suryodiningratan, Jogja, masih berlangsung. Tak terlihat satupun jamaah beranjak meninggalkan majelis yang sejak sore sudah dipadati oleh mereka. Semuanya khusyu' menyimak setiap detail hamasah, nasehat yang terucap melalui lisan ustadz muda yang dianugerahi oleh Allah kekuatan hafalan yang luarbiasa ini.

Selain hafal nomor dan posisi ayat al Quran sesuai mushafnya, ia juga hafal nomor hadis berikut perawi dan jalur transmisinya. Bahkan tarikh, penanggalan sejarah dan lokasi kejadiannya.

Sebagaimana kesamaan tempat asal kelahirannya, Banten, sosok Ust Adi Hidayat ini mengingatkan kita tentang perjuangan ulama besar Nusantara yang pernah menjadi mufti dan imam Masjdil Haram, Kota Suci Mekah, Asy Syaikh al Imam An Nawawi al Bantani. Reputasi keilmuannya diakui bukan hanya di Nusantara, melainkan hingga penjuru dunia.

Meski memiliki keluasan ilmu dan kekuatan hafalan yang sangat sulit ditiru oleh sebagian orang, namun Ustadz yang ceramahnya sudah membanjiri Youtube ini tetap tawadhu' dan selalu berharap agar bisa memberikan yang terbaik kepada orang lain. "Apa yang bisa saya bantu? silahkan sampaikan. Saya insyaLlah akan membantu semampunya." Kalimat yang beberapa kali diulang selama saya membersamainya semalam. Bahkan di akhir sesi, beliau memberikan uang senilai 5jt rupiah kepada masing-masing penghafal Quran, termasuk kepada pengurus masjid sebagai pihak penyelenggara.

Tabligh Akbar malam ini super istimewa, meski diselenggarakan oleh persyerikatan Muhammadiyah dan Kokam DIY, namun yang hadir adalah seluruh elemen lintas ormas Islam yang datang dari berbagai daerah.

Saya melihat kebanyakan mereka adalah remaja atau pemuda, rata-rata usia mereka antara 13-25 tahun. Al Quran menyebut mereka dengan istilah fityah (QS.18:13); beberapa pemuda. Para pemuda yang dirindu keimanan dan ketaatan.

Inilah isyarat kenabian, pertanda semakin dekatnya kebangkitan Islam. InsyaaLlaah...

(by Sholihuddin Alhafidz)

[video - suasana Tabligh Akbar ustadz Adi Hidayat]


Dikirim oleh Sholihuddin Alhafidz New pada 13 Agustus 2017