Khalifah Umar Bin Khathab, Pemimpin Sederhana Yang Ternyata Seorang Triliuner


[PORTAL-ISLAM.ID] Khalifah Umar Bin Khathab dikenal pemimpin Islam yang berhasil menaklukan dua imperium besar penguasa dunia saat itu, Romawi dan Persia.

Selama pemerintahan Umar (634 - 644 M), kekuasaan Islam tumbuh dengan sangat pesat. Islam mengambil alih Mesopotamia dan sebagian Persia dari tangan dinasti Sassanid dari Persia (yang mengakhiri masa kekaisaran Sassanid), serta mengambil alih Mesir, Palestina, Syria, Afrika Utara dan Armenia dari kekaisaran Romawi (Byzantium).

Disamping keberanian dan kepiawaian mengatur negara, Khalifah Umar juga dikenal sebagai pemimpin yang sangat sederhana. Sering tidur siang dibawah pohon kurma beralaskan tikar dan batu bata. Beliau tak pernah kenyang saat makan. Bashiroh maknawiyah yang senantiasa menjaga perasaan rakyat.

Namun tahukah Anda? Umar yang dikenal sebagai saudagar kaya jauh sebelum masuk Islam.adalah seorang triliuner. Ketika wafat, Umar bin Khattab meninggalkan lahan pertanian sebanyak 70.000 ladang, yang rata-rata harga ladangnya Rp 160 juta. Itu berarti, Umar meninggalkan warisan sebanyak Rp 11,2 Triliun. Setiap tahun, rata-rata ladang pertanian saat itu menghasilkan Rp 40 juta, berarti Umar mendapatkan penghasilan Rp 2,8 Triliun setiap tahun, atau 233 Miliar sebulan.

Subhanallah...
SEORANG PEMIMPIN PILIHAN ALLAH UNTUK MENJAGA DIEN-NYA.

___
*Sumber: Fikih Ekonomi Umar bin Al-Khattab, DR Jaribah Bin Ahmad Al-Haritsi