Kebhinnekaan Sejati... Mawar Indah Tokoh Lintas Agama Untuk FPI di Milad 19


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Sejumlah tokoh lintas agama menghadiri peringatan Milad FPI ke-19 di Stadion Muara Kamal, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu 19 Agustus 2017. Tokoh lintas agama itu hadir dan memberikan bunga kepada pimpinan FPI.

Di antara tokoh lintas agama yang hadir, ada Lieus Sungkharisma, yang merupakan perwakilan Tionghoa. Selain itu, hadir Ketua Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) DKI Jakarta Pdt. Shephard Supit .

Supit menyebut hubungan FPI dengan pemeluk agama lain sudah dekat sejak dulu. Imam besar FPI Habib Rizieq Syihab, menurutnya, juga dekat dengan pemeluk agama lain.

"Jadi kami tidak ada sekat sama sekali hubungan kami dengan FPI sangat baik," kata Supit usai menghadiri milad FPI di Stadion Muara Kamal, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu, (19/08/2017).

Supit menceritakan kisah 13 tahun lalu saat umat Kristen melaksanakan paskah nasional pertama kali di Monas, Jakarta. “Kami melakukan silaturahim kepada Habib Rizieq, beberapa pendeta juga melakukan dialog dengan Habib. Saya bisa akrab bisa berbicara dengan Habib karena mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan," kata dia.

Menurutnya, kesan keras yang ada pada Habib Rizieq tidak seperti apa yang dibayangkan banyak orang. "Di luar memang (Rizieq) ada terkesan keras, tetapi kalau saya lihat, saya kenal, ternyata tidak seperti yang diduga itu," ujarnya.

Supit mengaku sering bertemu dengan Habib Rizieq untuk berdiskusi. Dalam diskusi, Rizieq selalu mengedepankan melawan nilai-nilai kemungkaran atau pun hal-hal yang menjatuhkan kemanusiaan. Misalnya memerangi prostitusi, kelab malam dan lainnya. "Kalau Habib (Rizieq) memerangi itu, saya juga tidak suka (dengan kemunkaran) itu. Itu kan hal yang akan merusak bangsa kita," kata pendeta Supit.

Supit melanjutkan, cara Rizieq dalam memerangi hal-hal yang bertentangan dengan pemahaman Islam merupakan haknya. Sebab, menurutnya, semua orang punya hak dalam beriman.


Secara akidah dan iman, dia mengatakan, FPI dan umat Kristen memang berbeda. Tetapi dari hakikat sebagai manusia, semuanya saling menghargai. Habib Rizieq menerima baik pandangan tersebut dan PGI.

Dalam acara itu, tokoh lintas agama menghadiahkan bunga sebagai ucapan selamat kepada FPI.

Setelah pemberian bunga itu, para tokoh lintas agama juga berfoto bersama petinggi FPI. Mereka pun memberikan ucapan selamat atas Milad FPI ke-19 ini.

"Selama milad yang ke-19 untuk FPI," ucap mereka.

Lihatkan? Betapa indahnya hubungan antara Umat Islam dengan agama-agama lain. Dan itu sudah berlangsung dari dulu, tanpa gembar gembor dan klaim paling bhinneka, paling toleran, paling Pancasila, dan slogan-slogan yang hakikatnya malah memecah belah bangsa.

(Sumber: Okezone, Detikcom)