HASHIM AMLA, Pemain Kriket Dunia Yang Rela Tak Dibayar Karena Tidak Memasang Logo Sponsor Minuman Keras


[PORTAL-ISLAM.ID] HASHIM AMLA adalah seorang Muslim yang taat dan bermain Kriket untuk timnas Afrika Selatan. Dia keberatan dengan sponsor bir Castle Lager di timnas Afrika Selatan dan telah diizinkan mengenakan kemeja tanpa logo Castle Lager (perusahaan alkohol/anggur yang paling populer di Afrika Selatan).

Hashim Amla yang tidak mengenakan logo Castle Lager di kemeja kriketnya, mengatakan bahwa mempromosikan bir dan minuman keras bertentangan dengan ajaran Islam dan karena itu Amla menjadi pemain pertama yang menjadi pengecualian yang diberi izin oleh Breweries Afrika Selatan dan Kriket Afrika Selatan untuk tidak mengenakan logo Castle Lager di pakaiannya.

Hashim Amla rela tidak menerima sepeserpun bayaran saat membela Afsel karena baginya uang dari sponsor bir adalah haram.

"Karena Hashim memahami agamanya dengan baik, tetap setia dengan keyakinannya dan tahu apa yang benar dan salah. Pada awalnya dia memutuskan untuk tidak memakai logo Castle di Pakaian, yang go public, dan pada saat yang sama ia juga mengambil keputusan bahwa uang yang diperoleh dari pertandingan yang disponsori oleh Castle, dilarang untuk penggunaannya," sebut pihak CSA (Cricket South Africa)

Dengan mendapat izin dari lembaga kriket Afrika Selatan, Hashim Amla mengungkapkan pentingnya agama untuk dirinya.

"Meskipun saya dilahirkan dari keluarga Muslim, saya dulunya tidak selalu mempraktekanya. Pentingnya agama bagi saya meningkat seiring bertambahnya usia saya. Saya tidak bisa membuat kerangka waktu di dalamnya tapi saya telah menemukan bahwa mengikuti cara hidup Islam memiliki banyak keindahan untuk itu."

"Semakin saya memahami, saya telah menerapkan ajaran Islam sebanyak mungkin. Saya tentu saja bukan orang suci, tapi disiplin cara hidup Islami telah membantu saya bermain kriket tanpa keraguan. Saya tidak ‘minum’ dan saya sholat lima waktu sehari, yang memberi kestabilan pada rutinitas sehari-hari saya," kata Hashim Amla.

Hashim Muhammad Amla, begitu nama lengkapnya (lahir 31 Maret 1983) adalah seorang pemain kriket Afrika Selatan yang bermain untuk Afrika Selatan dalam ketiga format permainan kriket (Test, ODIs, FC).

Dianggap sebagai salah satu batsmen terbesar era modern, dia adalah kapten Timnas Afrika Selatan dari bulan Juni 2014 sampai Januari 2016.

Pada 29 Mei 2017, dia digolongkan oleh International Cricket Council (ICC) sebagai batsman peringkat sembilan di Test dan peringkat sepuluh di ODIs.

Selain membela Timnas Afrika Selatan, Hashim Muhammad Amla saat ini bermain untuk klub kriket Trinbago Knight Riders.

Referensi:
- https://en.wikipedia.org/wiki/Hashim_Amla
- Hashim Aamla pays 5 hundred Dollars fine for not wearing logo of wine Company on his shirt True Muslim
- Why Hashim amla have no sponsor logo in his jersey?