Bintang Lapangan: Maya Muharina Fajriah, Hijabers Timnas Futsal Putri Indonesia di SEA Games 2017


[PORTAL-ISLAM.ID] Siapa yang tidak kenal dengan idola futsal wanita Indonesia saat ini, Maya Muharina Fajriah. Bintang dari Netic Ladies Futsal Club Cibinong ini menjadi salah satu andalan Tim nasional futsal putri di SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

Hingga game ketiga, Timnas futsal putri Indonesia berhasil mempertahankan rekor belum terkalahkan di SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Pada pertandingan ketiga melawan Thailand di Shah Alam Sports Complex, Jumat 25 Agustus 2017, mereka bermain imbang 2-2. Sebelumnya Indonesia mengalahkan Malaysia dan Myanmar di pertandingan pertama dan kedua.

Salah satu andalan Timnas futsal putri Indonesia di Sea Games 2017 ini adalah pemain nomor punggung 5: Maya Muharina Fajriah.

Maya Muharina Fajriah membuktikan jika berhijab tidak menghalanginya untuk membela Timnas Futsal Putri Indonesia yang akan berlaga di SEA Games 2017.

"Alhamdulillah, bersyukur bisa terpilih lagi. Bersyukur masih bisa membela timnas," kata Maya Muharina saat terpilih menjadi skuad Timnas di Sea Games 2017.

"Sebagai motivasi juga buat diri sendiri dan buat temen-temen dari Netic maupun buat anak futsal lainnya, tidak ada halangan walaupun berhijab untuk berprestasi," sambungnya.

T-O-P-B-G-T deh 😍


Keahlian Maya bermain futsal ternyata tidak terbentuk begitu saja, mantan atlet atletik ini telah bermain futsal sejak kecil dan bertemu dengan futsal saat SMP hingga membuatnya terkenal seperti sekarang.

"Awalnya atlet atletik dari SD sampai SMA, sampai ikut Jabar Open. Kenal futsal pas di SMP, dulu pas kecil maen bola di SD. Terus diajak seleksi kelas olahraga SMPN 3 dan lulus. Suruh milih atletik apa futsal. Karena hobi bola dari kecil jadinya milih futsal," ungkap dara kelahiran Bogor ini.

"Pada 2010, Maya yang baru kelas 3 SMP ikut liga wanita nasional diadain BFN dan dapet peringkat 4 saat itu dengan juaranya JK, Kemudian diseleksi SEA Games 2011 dan lolos," ujar Maya tentang awal mulanya membela timnas futsal.

"Bangga dan bersyukur karena bisa masuk timnas pertama kalinya dan yang paling muda. Bangga bisa bela negara sendiri di kancah internasional dan bersyukur dari futsal bisa bela negara," lanjut pemain yang juga hobi traveling ini.

"Di SMA ikut SMAN 3 Cibinong dan saat lulus dapat undangan dari UNJ, UPI, dan Perbanas, tapi nolak karena pengen Bahasa Inggris dan ga pengen jadi sarjana olahraga. Akhirnya, dapet tawaran beasiswa dari Netic ke UIKA jurusan B. Inggris," ujar pemain yang mengidolai Falcao.

"Dari sejak berdiri di 2008 hingga sekarang bela Netic. Loyalitas tanpa batas karena yang pertama kali ngenalin futsal dan bangga dengan tim sendiri. Netic juga yang bawa Maya ke timnas dan ke luar negeri," tambah pemain yang menyukai klub sepak bola, Barcelona dan Manchester United ini.

"Maya sendiri berharap futsal Indonesia lebih maju berkembang dan bibit futsal bermunculan. Tips jago bagi Maya itu latihan rutin dan nurut dengan pelatih dan manajemen. Maya juga ucapkan terima kasih kepada orang tua karena ngedukung Maya untuk bermain futsal, dan teman-teman yang selalu mendukung, guru-guru dari SD hingga kuliah yang senantiasa mendukung Maya," pungkasnya.

Biodata Pemain:
Nama lengkap: Maya Muharina Fajriah
Tempat dan tanggal lahir: Bogor, 19 Mei 1996
Tinggi dan berat: 162cm - 52kg

Karir di futsal:
Netic Ladies FC 2008 - Sekarang

Prestasi di futsal:
Juara Futsal Gamagudabo Cup 2009
Juara Bogor Championship 2009
Juara Gamagudabo Cup 2010
Juara UPI Challenge 2012
Juara Piala Atmajaya 2012
Juara Piala Ibu Ani Subowo 2011
Juara Legendary Reis Bogor 2012
Peringkat 4 AIMAG 2013

Karir di Olahraga lain:
Atletik
Juara Lompat Jauh Kejuaraan PORKAB
Juara Estafet 4x100m dan 4x400m Kejuaraan PORKAB
Juara Lari 400 M Kejuaraan PORKAB
Juara O2SN Tingkat SMP Kabupaten
Juara 3 Lari Halang Rintang 200 meter 2009 Jabar Open

*Referensi:
https://bolalob.com/read/34077/bintang-lapangan-maya-muharina-fajriah-hijabers-yang-jago-bermain-futsal
https://bolalob.com/read/59905/maya-muharina-berhijab-tidak-menjadi-halangan-untuk-bela-timnas-futsal-putri

[video - Saat Timnas Indonesia kalahkan Malaysia di SEA Games 2017]