Ayat Al-Quran Di Dinding Pintu Masuk Harvard University


[PORTAL-ISLAM.ID] Anda pernah ke Harvard University, Massachussets Amerika Serikat? Harvard university adalah universitas terbaik dunia dalam berbagai bidang dan merupakan salah satu universitas tertua dunia. Sejak ratusan tahun lalu hingga saat ini tidak ada yang mengalahkan reputasi Harvard University.

Fakultas Hukum Harvard adalah fakultas hukum terbaik dunia. Banyak petinggi dunia adalah jebolan fakultas Hukum Harvard, termasuk mantan presiden AS Obama.

Kalau anda datang ke fakultas Hukum Harvard University, di dinding pintu masuknya (Entrance Wall) terpampang jelas 3 tulisan tentang konsep keadilan, yaitu dari Augustine of Hippo, Magna Carta dan dari Al Quran. Dari Al Quran? Benar.

“O ye who believe!
Stand out firmly for justice, as witnesses
To Allah, even as against Yourselves, or your parents,
Or your kin, and whether
It be (against) rich or poor:
For Allah can best protect both.”

Itu adalah potongan surat Annisa ayat 135 yang berbunyi:

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُونُوا قَوّٰمِينَ بِالْقِسْطِ شُهَدَآءَ لِلَّهِ وَلَوْ عَلٰىٓ أَنْفُسِكُمْ أَوِ الْوٰلِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ ۚ إِنْ يَكُنْ غَنِيًّا أَوْ فَقِيرًا فَاللَّهُ أَوْلٰى بِهِمَا

"Wahai orang-orang yang beriman. Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah, walaupun terhadap dirimu sendiri atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika dia (yang terdakwa) kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatan (kebaikannya)." (QS. An-Nisa': Ayat 135).

Bahkan diantara ketiga pilihan konsep tersebut, Al Quran merupakan yang terpanjang dan diletakkan pada bagian tengah dari dinding fakultas hukum.

Saint Augustine (Augustine of Hippo):
“An unjust law is no law at all.”

Magna Carta of King John:
“To no one will We sell, to none will We deny or defer, right or justice.”

Faculty members Harvard University ketika ditanya mengapa memilih menempatkan ayat Al Quran pada pintu masuk mereka, mereka menjawab bahwa mereka telah menelusuri berbagai konsep dan teori hukum yang ada dan tersebar didunia dan mereka sampai pada kesimpulan bahwa konsep keadilan yang diungkapkan oleh Quran surah Annisa adalah merupakan konsep yang terbaik, terlengkap dan terfair yang pernah ada dan mereka temukan.

Subhanallah. Masyaa Allah...

(Abuzar Usman)

Sumber: http://library.law.harvard.edu/justicequotes/explore-the-room/west/