Prinsip Hidup Pemilik PO Haryanto: Jangan Pernah Mengkhianati Allah


"Kalo kamu cuma mau ngejar kemuliaan di dunia.. uangmu 100 Milyar depositokan ke bank kamu dah digaji sama bank 500 juta perbulan.. ga perlu capek-capek usaha kaya gini.. tapi kamu harus ingat.. Allah memberikan kamu kemudahan dan kemuliaan hidup di dunia bukan untuk itu.. melainkan agar kamu bisa berjuang untuk agamamu dan bermanfaat bagi orang banyak.. jangan pernah mengkhianati Allah hanya untuk harta dan tahta yang tidak akan pernah bisa kamu bawa mati.." (H. Haryanto)

Kata-kata seperti itu tidak hanya beliau bisikan ditelinga ku.. melainkan dicontohkan dan ditunjukannya melalui sikap.. perusahaan yang beliau pimpin ini mampu mengasuh 3600 lebih anak yatim.. mampu membantu menghidupi beberapa pondok-pondok pesantren.. mampu membangun satu persatu masjid di wilayah-wilayah pemukiman yang belum tersedia atau jauh dari masjid yang sudah ada.. memberangkat kan umroh belasan orang setiap awal Romadhon.. dan tidak pernah berhenti mendaftarkan haji belasan orang setiap tahunnya.. belum lagi keseharian beliau yang selalu berpuasa dalail setiap hari sejak 2001 hingga saat ini belum terputus.. malam-malam beliau tidak pernah lepas dari menangis kepada Allah.. jam 2 malam hingga waktu sahur tiba waktu beliau hanya untuk bersujud dan menangis kepada Allah.. sholat tidak pernah sekalipun beliau meninggalkan jamaah.. bahkan kemanapun beliau pergi.. beliau selalu ngajak orang menemaninya agar beliau bisa tidak meninggalkan sholat berjamaah.. Beliau adalah pendiri dan pemilik tunggal PT. Haryanto Motor Indonesia.. bahkan saat semua instansi melarang, beliau membantu keberangkatan acara-acara bela Islam di Jakarta (Aksi 212).. beliau hanya berpesan kepada ku "berangkat nang.. jangan pernah menghalangi orang untuk beribadah.. mending kamu nggak punya apa-apa dari pada kamu menjadi musuh Allah.."

Hal semacam ini ga akan pernah keluar dari mulut beliau.. didalam wawancara-wawancara apapun.. hal-hal ini ga akan pernah beliau tunjukkan kepada siapapun.. karena beliau melakukannya hanya untuk mendapatkan ridho dari Allah.. tapi aku rasa aku perlu menunjuk kan hal ini kepada kalian.. agar kalian bisa belajar dan mau melihat dunia ini dari sudut pandang beliau menatapnya.. Allah sudah menjanjikan banyak hal untuk kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat.. dunia seisinya tidak akan pernah sebanding dengan hal itu..

Hiduplah dengan kemuliaan.. atau matilah dengan kesyahidan.. banggalah kalian sebagai umat Islam.. pupuklah rasa cinta kalian kepada Allah dan juga Rosulullah.. karena hidup hanya perlu Berkah.. bukan hal lain..

(by Rian Mahendra)

*Dari fb Rian Mahendra (11/7/2017)
*Keterangan Foto: Penulis (kiri) bersama H. Haryanto (peci putih)
*Haji Haryanto adalah pemilik Perusahaan Otobus (PO) Haryanto yang memiliki ratusan armada bus eksekutif yang sebagian besar bermesin Hino dan Mercedes Benz keluaran terbaru. PO Haryanto pusat di Jl. Lingkar Ngembal Kulon, Ngembal Kulon, Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Selain itu H. Haryanto juga memiliki usaha SPBU dan warung makan.

SUBHANALLAH... Inilah keberkahan hidup seorang Muslim.