Presiden Erdogan: Membela Al Aqsa Bukan Soal Kemampuan, Tapi Soal Keimanan


[PORTAL-ISLAM.ID] ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan pada umat Islam agar bertindak lebih banyak dalam (upaya) melindungi Al Aqsa.

Hal ini disampaikan Erdogan saat berpidato di hadapan anggota parlemen dari AKP, Selasa (25/7/207), di Ankara.

"Bila sekarang pasukan Israel menggunakan berbagai isu yang tidak signifikan sebagai dalih untuk menodai Al-Aqsa dengan sepatu-sepatu boot mereka, dan menumpahkan darah umat Islam dengan entengnya, itu terjadi karena kita tidak cukup bertindak untuk melindungi Yerusalem."

"Sebagai muslim, melindungi tempat-tempat suci kita bukan lagi soal kemampuan, tapi soal keimanan. Semakin kita melindungi Al-Aqsa, akan semakin menyulitkan mereka yang mengincar Al-Aqsa."

"Israel salah bila mengira bahwa mereka bisa berlindung pada senjata-senjata atau kekuatan-kekuatan dibalik senjata tersebut."

Namun Erdogan mengingatkan agar Umat Islam tidak melakukan perusakan terhadap tempat ibadah Yahudi sebagai balas dendam.

"Saya menyeru rakyat saya agar tidak menyerang sinagog-sinagog di sini (Turki) hanya karena situasi di Al-Aqsa dan itu juga dilarang dalam agama kita. Kita tidak boleh merespon tabiat buruk mereka dengan cara yang sama (tabiat buruk juga), kita berbeda (dari mereka)," tegas Erdogan.

Erdogan menyatakan, keputusan Israel untuk menghapus detektor logam dari Masjid Al-Aqsa yang menyinggung umat Islam adalah "sebuah langkah ke arah yang benar, tapi tidak cukup".

Dia meminta Israel untuk berkomitmen untuk menghormati hak asasi manusia dan konvensi Yerusalem.

Media terkemuka Israel, Haaretz menyebut Presiden Turki adalah salah satu pemimpin terkemuka dunia Muslim yang menyerang Israel dalam beberapa hari terakhir setelah penempatan detektor logam di pintu masuk Masjid Al-Aqsa. Erdogan, yang menjabat sebagai presiden Organisasi Kerjasama Islam yang bergilir, mengadakan serangkaian panggilan telepon dengan pemimpin Arab dan Muslim dan bahkan mengangkat masalah tersebut dalam sebuah pertemuan dengan Raja Saudi Salman bin Abd al-Aziz awal pekan ini.

[Selengkapnya Video Pidato Erdogan di Ankara]