Ketika Anies "Ditegur" Imam Masjid Nabawi


[PORTAL-ISLAM.ID] Ramadhan 1438 H kemarin, Anies Baswedan dan istri pergi beribadah umrah. Keduanya sepakat untuk berangkat diam-diam. Tidak melakukan ekspose ke kiri dan kanan. Sebuah perjalanan spiritual untuk mendapatkan pencerahan. Tentu, hal ini amat diperlukan setelah menjalani perjuangan teramat sangat melelahkan pasca pilgub DKI 2017. Baik fisik, psikis, mental, intelektual, maupun spiritual.

Begitu sampai di Madinah, dan singgah di Masjid Nabawi, tanpa diduga sebelumnya, Anies dan istri disambut khusus oleh Imam Masjid Nabawi serta para Muadzin di dalamnya dan jajaran pengurus. Mas Anies dan istri mendapat "teguran" dari pengurus Masjid Nabawi.

"Saudaraku, kalau esok hari berencana datang lagi ke Masjid Nabawi, jangan dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Saudara adalah Tamu Agung kami. Dan kami akan menyambut kedatanganmu secara khusus."

"Kamu layak sholat di Masjid ini di shof pertama, persis di belakang Imam. Para Muadzin kami akan membacakan Doa Qunut, agar Kamu diberi kekuatan dan dimudahkan dalam menjalanlan amanah sebagai Gubernur DKI. Perjuanganmu dalam Pilgub DKI menjadi kebanggaan kami juga."

Mas Anies dan istri, tentu, amat tersentuh dan terharu atas sambutan yang luar biasa dari Pengurus Masjid Nabawi. Sangat tidak disangka-sangka dan sangat menyentuh. Perlakuan istimewa juga diperoleh Mas Anies dan istri saat tiba di Mekkah. Disambut langsung oleh Imam Masjidil Haram dan jajaran pengurus. Juga, mendapat perlakuan khusus untuk mencium Hajar Aswad dengan mudah dan cepat. Para penyambut menuturkan,

"Saudaraku, ketika berlangsung Pilgub DKI, kami mengikuti perkembangannya dari sini. Detik demi detik. Seperti menyaksikan final Piala Dunia. Kami semua tegang. Seraya terus berdoa, agar kamu diberi kemenangan."

"Ketika akhirnya Kamu menang, kami di sini bersama-sama melakukan sujud syukur. Kami bangga atas perjuanganmu. Kami menyertai perjuanganmu."

Mas Anies dan istri, kemudian diberi potongan kain kiswah. Bertuliskan Yaa Hayyu Yaa Qayyum.

Perjuangan umat Islam dalam Pilgub Dki 2017, ternyata menjadi perhatian umat Islam dunia. Di tengah porak porandanya dunia Islam di Suriah, Irak, Libia, Afganistan, Yaman, dll., kemenangan Anies-Sandi dalam Pilgub DKI 2017 memiliki makna khusus. Membangkitkan rasa percaya diri umat.

Dan umat Islam di Indonesia, ternyata bisa melakukan sesuatu yang membanggakan bagi umat Islam dunia.

(Dari Ceramah dan Dialog Anies Baswedan, 19 Juli 2017, dalam Syawalan KAHMI DIY di Pendopo Rumah Dinas Walikota Yogyakarta)