Jadi Kandidat Terkuat Gubernur NTB Dengan Elektabilitas Tertinggi, Ini Tanggapan Fahri Hamzah


[PORTAL-ISLAM.ID] Lembaga Kajian Suara Indonesia (LeKSI) merilis nama Wakil Ketua DPR-RI, Fahri Hamzah sebagai tokoh dengan tingkat popularitas, tingkat penerimaan (akseptabilitas) dan tingkat keterpilihan (elektabilitas) tertinggi untuk menjadi calon Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) pengganti Tuan Guru Bajang yang sudah dua periode menjabat.

Terkait hasil survei tersebut, Fahri pun menyampaikan terimakasihnya kepada masyarakat NTB.

“Saya tentu mengapresiasi penghargaan masyarakat NTB kepada saya. Respon masyarakat pada dasarnya merupakan gambaran pola hubungan timbal balik antara kerja anggota DPR-RI dengan basis konstituensinya,” ujar Fahri di Kompleks Parrlemen, Senayan, Jakarta, Jum'at (7/7/2017).

Penghargaan dan kepercayaan masyarakat ini adalah energi bagi dirinya. “Terimakasih atas dukungannya dan doakan saya tetap berani dan istiqomah,” kata Fahri.

Diketahui, suvei LeKSI yang dirilis pada Jum'at (7/7) untuk mencari pengganti Gubernur NTB Zainul Majdi (Tuan Guru Bajang) disebutkan popularitas Fahri Hamzah di NTB paling tinggi mencapai 47,2 persen.

Kemudian disusul M. Hatta Taliwang dengan 43,2 persen, Ali bin Dahlan 34,5 persen, Zulkiflimansyah 31,2 persen, HM Suhaeli FT 30,0 persen, Irjen Pol (Purn) Farouk Muhammad 29,3 persen, H. Muhammad Amin 27,5 persen, H. Achyar Abduh 25,0 persen dan Gede Sakti 22,0 persen.

Popularitas Fahri ini juga berbanding lurus dengan tingkat penerimaan (akseptabilitas) masyarakat.

Untuk menjadi cagub NTB, Fahri Hamzah memiliki tingkat akseptabilitas paling tinggi, yaitu 51,2 persen disusul kemudian H. Ali bin Dahlan 46,2 persen, M. Hatta Taliwang 42,2 persen, Zulkiflimansyah 40,2 persen, Farouk Muhamad 40,1 persen, HM Suhaiki FT 36,3 persen, Muhamad Amin 31,2 persen, H .Antar Abduh 28,3 persen dan Gede Sakti 27,3 persen.

Menyoal tingkat keterpilihan sebagai Gubernur NTB Fahri kembali unggul dengan tingkat elektabilitas yang paling tinggi dan dipilih 25,7 persen masyarakat NTB. Sedangkan urutan kedua adalah M. Hatta Taliwang 17,3 persen.

Survei tersebut dilakukan mulai 8 Juni hingga 20 Juni terhadap 1815 warga NTB dari DPT Pilpres 2014 sebanyak 3.487.382 pemilih yang pada tahun 2018 memiliki hak pilih.

Sebagai calon gubernur NTB terkuat, apakah Fahri akan maju dalam Pilgub NTB 2008?

Saat ditanyai wartawan apakah dirinya bakal ambil bagian dalam kancah pemilihan Gubernur NTB, legislator PKS dengan perolehan suara terbanyak dari semua 40 aleg PKS DPR ini menanggapinya dengan santai.

“Suara masyarakat NTB telah mengamanahkan saya untuk menjadi anggota sekaligus pimpinan DPR-RI sampai tahun 2019. Saya akan fokus menjaga amanah itu dan memperjuangkan pembangunan di daerah pemilihan saya NTB sesuai dengan rel yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan,” ujarnya, seperti dikutip BeritaEkspres.com.