GEGER! Polisi Bubarkan Pesta Gay di Vatikan yang Libatkan Penasihat Paus


[PORTAL-ISLAM.ID]  Skandal kembali menghantam Vatikan setelah polisi dilaporkan menangkap salah seorang pegawai dari penasihat Paus Fransiskus, setelah kediamannya digunakan sebagai lokasi pesta gay dan narkoba.

Seperti dilansir AP, Kamis 6 Juli 2017, penangkapan terhadap sekretaris Kardinal Francesco Coccopalmerio terjadi pada Juni lalu. Coccopalmerio merupakan presiden dari Dewan Intepretasi Hukum Gereja Vatikan.

Menurut harian Italia, Il Fatto Quotidiano, saat menyerbu apartemen yang dihuni sekretaris Coccopalmerio, polisi menemukan sejumlah besar narkoba dan beberapa pria yang melakukan aktivitas homoseksual.

Apartemen tersebut dilaporkan merupakan milik Kongregasi Doktrin Keyakinan Vatikan, yang salah satu tugasnya adalah menanggapi laporan pelecehan seksual oleh aparat gereja.

Insiden ini bermula setelah polisi menerima keluhan dari sejumlah tetangga yang mengatakan terjadi sejumlah kegiatan tak biasa dan banyaknya orang yang keluar masuk apartemen tersebut.

Sang sekretaris sendiri dilaporkan telah dimasukan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan dari penggunaan obat-obatan. Ia kemudian dilaporkan berada di sebuah biara di Italia.

Paus Fransiskus dikabarkan sangat marah mendengar berita ini. Vatikan sebelumnya telah menghadapi sejumlah skandal.

Yang terbaru adalah kembalinya Kardinal George Pell ke Australia untuk menghadapi dakwaan pelecehan seksual terhadap anak-anak. Ia menjadi pejabat Vatikan tertinggi yang menghadapi tuduhan tersebut.

Beberapa hari kemudian, Paus Fransiskus juga melepas Kardinal Jerman Gerhard Mueller sebagai pemimpin Kongregasi Doktrin Keyakinan Vatikan. Belum diketahui apakah ini terkait dengan laporan penangkapan sekretaris Coccopalmerio di apartemen milik kongregasi itu.

Sekretaris yang terlibat dalam pesta gay di Vatikan itu sebelumnya sempat diusulkan Coccopalmerio agar diangkat sebagai Uskup.