Erdogan: Al-Aqsa Milik Umat Islam Sedunia, Kami Tak Akan Berpangku Tangan


[PORTAL-ISLAM.ID] Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Ahad (23/7/2017), mengatakan bahwa masjid al-Aqsha merupakan kebanggaan 1,7 milyar muslim dan bukan hanya orang Palestina saja. Karena itu dunia Islam tidak mungkin hanya berpangku tangan saja terhadap krisis yang terjadi di masjid al-Aqsha.

Hal tersebut disampaikan Erdogan dalam konferensi pers yang dilakukan di Ataturk Airport Istanbul, menjelang keberangkatannya ke Arab Saudi, untuk memulai lawatannnya ke teluk selama dua hari, termasuk ke Kuwair dan Qatar.

Erdogan menjelaskan bahwa Turki kecewa dan mengecam keras dan terang-terangan terhadap pembatasan yang diberlakukan penjajah Zionis terhadap masjid al-Aqsha. Dia menyatakan bahwa negaranya terus bekerja untuk membangun perdamaian di kawasan dan mendukung hak-hak dan persoalan saudara-saudara di Palestina dan perjuangan mereka yang adil untuk kebebasan.

Erdogan menambahkan, “Sebagai ketua bergilir OKI, saya sekali lagi menyerukan Israel untuk berperilaku sesuai dengan hukum dan nilai-nilai kemanusiaan serta pinsip-prinsip kepatutan.” Dia menegaskan pentingnya Israel menjauhi eskalasi ketegangan di kawasan.

Dia menegaskan bahwa negaranya mengerahkan upaya intensif untuk mengakhiri ketegangan yang terjadi di al-Quds, agar ketenangan kembali terjadi di masjid al-Aqsha. (PIP)