DUH! Jokower Dah Girang "20 PROYEK STRATEGIS JOKOWI RAMPUNG", TERNYATA...


Panjang lebar... dengan paparan BUKTI

(by Adi Nugraha)

Makanya itu Google kalo katanya pemerintah beneran mau blokir, ya blokir secepatnya..

Kalo ada orang usil kaya saia yang suka iseng komentar sambil ngecek bener apa ga beritanya kaya gini kan repot.. :D

Lagi rame berseliweran di timeline infografis yang satu ini..

Ampuni saya wahai para pemuja dan die-hard fans beliau, tapi saya yang ndeso lagi hina ini sungguh tak tahan untuk tak berkomentar..

Tapi tenang aja, yang mungkin ada pemahaman dan keyakinan yang keliru akan coba saya luruskan, tapi jika memang infonya benar tentu juga akan saya katakan dan saya apresiasi..

PERTAMA, memang kebiasaan rezim sekarang yang suka mengklaim proyek-proyeknya sebagai kinerjanya semata dan menutupi kinerja era sebelumnya (terutama era pak SBY). Cek aja sendiri di Google, bagitu banyak proyek yang sebenarnya cuma sejenak lanjutan dari era SBY ditambahi embel-embel kejam yaitu 'yang mangkrak di era bla..bla..bla..', oleh media-media mainstream yang dibayar murah pemerintah, termasuk di infografis ini ada kata 'Rampung' di-highlight warna merah menyala trus dielus-elus lagi tulisannya, untung cuma dielus dan ga sampai dijilat. Seakan mencitrakan era sebelumnya ga ada yang beres proyeknya. Nyatanya sebagian besar proyek dari era sebelumnya hanya perlu finishing, yang tentu saja akan diselesaikan oleh era setelahnya siapapun presidennya.

KEDUA, mungkin itulah jalannya, tapi begitulah nasib pemerintahan SBY yang banyak sekali proyek yang 'tanggung' penyelesaiannya. Mungkin jika era SBY berlangsung selama 12 tahun, bukan 10, saya meyakini banyak proyek yang ujarnya 'mangkrak bertahun-tahun' itu akan terselesaikan. Dan jangan lupa, pak SBY sempat harus menghadapi krisis ekonomi global tahun 2008 selama 3 tahunan yang bikin ekonomi seluruh dunia melambat.

Adalah hal yang baik dan saya berterima kasih jika rezim sekarang mau melanjutkan dan sanggup menyempurnakan proyek-proyek sebelumnya, tapi apakah mereka langsung meriang kejang-kejang lalu semaput jika mengabarkan pada khalayak bahwa di ujung selesainya pekerjaan yang mereka lakukan, ada pangkal yang dirintis dengan susah payah bahkan berdarah-darah oleh pendahulu mereka?

Saya rasa adalah hal yang hina jika apresiasi dan pengakuan yang mestinya adil dibagi, mereka rampas dan nikmati sendiri, hanya karena takut tak ada lagi yang sudi memberi sanjung puji, atau semata untuk menutupi kenyataan diri yang masih belum sempat miliki prestasi sendiri.
(ciehh, berasa Mata Najwa gadungan guehh... :D )

KETIGA, ini dari kacamata saya pribadi, tapi saya lihat memang banyak die-hard worshippers rezim sekarang yang merasa segala yang dilakukan pemerintah adalah murni prestasinya belaka dan 100% adalah IDE SANG PRESIDEN PUJAAN.

Bak orang kena gedam, nurut aja tanpa mau mempertanyakan barang sedikit. Bagai orang kena pelet, kalo udah gandrung ya gandrung dah...

Nelen aja bulat-bulat apa yang dicitrakan dan dikabarkan oleh media-media yang udah jadi rahasia umum punya prinsip 'anda bayar, kami beritakan dan sembunyikan apapun yang anda mau'.

PADAHAL KENYATAANNYA....

Ayok kita kupas atu-atu yang di infografisnya ini, yang mau membantah atau menyanggah ya monggo...



(1) Jalan tol Gempol-Pandaan adalah ide pemerintahan SBY dan dimulai pengerjaannya pada 4 April 2012, groundbreakingnya di lakukan Pak Hermanto Dardak selaku Wamen Pekerjaan Umum waktu itu sekaligus mertua artis Arumi Bachsin.. loh.. apa hubungannya?

http://dishub.pasuruankab.go.id/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=122&judul=.html

Rezim sekarang dapet rezeki meresmikan dan mengoperasikan mulai Maret 2015

https://ekbis.sindonews.com/read/964759/34/tol-gempol-pandaan-beroperasi-maret-2015-1424044179

Yang saya heran, proyeknya selesai 2015, kok ada di perpres tahun 2016.

(2) Bandara Sentani di Papua dari zaman Jepang juga sudah ada cuma namanya beda, dan bukan prakarsa rezim sekarang.

http://www.j-aircraft.com/research/dave_pluth/hollandia_oscars.htm

Dan terus mengalami pembangunan dari masa ke masa. Saya ga nemu apa yang dilakukan oleh rezim ini sampai bisa nyebut ini 'proyek strategis' mereka dan 'rampung' pula...

PS. Ini ada dokumentasi eyang Soeharto lagi di bandara Sentani
http://indonesia-zaman-doeloe.blogspot.co.id/2014/09/soeharto-dan-bu-tien-di-papua-1969.html?m=1

(3) Bandara Fatmawati-Soekarno di Bengkulu bukan ciptaan rezim sekarang. Bandara ini diresmikan Mbok Banteng waktu masih jadi presiden tanggal 14 November 2001. Itu pun cuma peresmian ganti nama sebenernya, dulu namanya Bandara Padang Kemiling. Tapi ga papa lah, sejatinya kan presiden dan Mbok Banteng itu adalah Dwitunggal... :D

http://bengkuluprov.go.id/profil/infrastruktur/bandara/

Mungkin yang diklaim 'rampung' itu ya proyek manjangin bandaranya sejauh setengah kilometer ini..
http://m.liputan6.com/bisnis/read/2208683/landasan-pacu-bandara-fatmawati-soekarno-bengkulu-diperpanjang

(4) Namanya aja salah, semakin membuktikan kalo infonya ini pada abal-abal...
Bandara Juwata (bukan Juwatan), sudah ada dari zaman Belanda, bahkan tahun 1997 sudah melayani penerbangan internasional oleh maskapai Bouraq waktu itu.

Pembangunan besar-besarannya diinisiasi 2010, oleh pemprov Kaltim waktu belum terbentuk provinsi Kaltara
http://www.indoplaces.com/mod.php?mod=indonesia&op=view_region&regid=3909

Pengembangan lebih lanjutnya pun baru tahap pengajuan dana beberapa bulan lalu
http://kaltara.antaranews.com/berita/448727/pemprov-usulkan-rp-127-triliun-untuk-pengembangan-bandara-gubernur-komunikasi-dengan-menteri-perhubungan

Rampung sebelah mananya yak?

(5) Ini agak lebay nih klaimnya..
Bahkan yang memberi nama 'Mutiara' itu adalah presiden SOEKARNO, zaman jebot dulu namanya Bandara Masovu.
http://harianjayapos.com/detail-1957-guru-tua-penentu-ibukota-sulteng-di-palu---presiden-soekarno-pemberi-nama-bandara-mutiara.html

Jadi bukan bikinan presiden kalian yah.. :D
Yang katanya 'Rampung' itu yang ini mungkin, sama kaya tadi...
http://kabarselebes.com/2017/05/perpanjangan-runaway-bandara-mutiara-sis-aljufri-butuh-rp700-miliar/

Manjangin bandaranya, itu pun dengan anggaran tahun 2018 nanti.
Jadi... Rampung?

(6) Singkat saja, Bandara Matohara sepenuhnya diinisiasi (2007) hingga mulai dioperasikan (Mei 2009) oleh pemerintah pak BeYe
http://regional.kompas.com/read/2009/05/12/08315417/Akhir.Bulan.Ini.Bandara.Matahora.Dioperasikan

Dan diklaim sebagai prestasi tunggal rezim ini berhubung mereka ikut gedein terminal penumpangnya..
https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/3205438/diresmikan-menhub-ini-wajah-baru-bandara-matahora-wakatobi
ther..lha..lhu...

(7) Bandara Komodo Labuan Bajo dari zaman dulu sudah ada.
Dikembangkan sebagai bandara internasional oleh pak BeYe lagi untuk meningkatkan pariwisata di sana.
http://travel.kompas.com/read/2013/07/13/1714515/Bandara.Komodo.Labuan.Bajo.Diperluas (sorry saya make berita kompas).

Sama, yang ini diklaim pake modal geser tembok terminalnya doang.
http://m.cnnindonesia.com/nasional/20151227114259-20-100539/jokowi-resmikan-terminal-penumpang-bandara-komodo-labuan-bajo/

(8) Pembangunan terminal 3 Bandara Soetta adalah lagi-lagi ide pak BeYe dimulai tahun 2009, dilanjutkan pelebaran mulai 2011.
https://www.rukamen.com/blog/perkembangan-pembangunan-bandara-terminal-3-ultimate/

Rezim sekarang kebagian peresmiannya..
http://m.republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/17/04/26/ooz876415-terminal-3-internasional-bandara-soekarno-hatta-dibuka

sama kebagian banjirnya
https://m.tempo.co/read/news/2017/06/14/083884304/areal-parkir-pesawat-terminal-3-bandara-soekarno-hatta-kebanjiran

(9) Pelabuhan Peti Kemas New Priok sekali lagi prakarsa pak SBY
https://m.detik.com/finance/ekonomi-bisnis/2201278/akhirnya-sby-resmikan-groundbreaking-proyek-new-tanjung-priok
http://m.bisnis.com/industri/read/20130322/45/4800/pelabuhan-kalibaru-peresmian-pembangunan-akhirnya-dilakukan
http://dephub.go.id/post/read/ground-breaking-terminal-peti-kemas-kalibaru-dilakukan-bulan-ini-15179

Yang sekarang kebagian peresmian terminal nomor 1nya
http://m.liputan6.com/bisnis/read/2600181/presiden-jokowi-resmikan-pelabuhan-kalibaru-pagi-ini

(10) Yang ini 50-50 lah, Proyek Pipa Gas Industri Belawan - Arum (KEK Sei Mangkei) dimulai Agustus 2013, dikerjakan setahun oleh Pak Beye, dilanjut setahun plus molor dikit oleh yang sekarang sampai Desember 2015

http://www.pertamina.com/news-room/seputar-energi/pipa-gas-arun-belawan-mulai-beroperasi/?alttemplate=print
http://m.republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/15/10/15/nw99ta383-proyek-terkendala-izin-belanja-modal-pertagas-turun

Tapi kalo mau diklaim bulet-bulet juga, ya karepmu lah...

11. 12. 13. 14.
Saya gabung aja jadi satu, sama topiknya soalnya..

Kalo yang ini beda, saya harus angkat topi buat pemerintah sekarang untuk proyek pemugaran Pos Lintas Batas Negara (PLBN) ini. Setelah sebelumnya oleh pemerintahan-pemerintahan yang lalu kondisi perbatasan di ujung negeri kurang diperhatikan.

Meski kata teman saya yang pernah dinas di PLBN Entikong, entah di PLBN lain, pemberitaan posnya dibuat 'Megah' itu sedikit berlebihan, tapi di pemerintahan sekarang katanya kondisinya tetap lebih layak.

https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/3450100/7-pos-perbatasan-yang-jadi-megah-di-era-jokowi

Kaya yang saya katakan di awal, bahwa yang benar akan saya katakan benar, maka yang ini serius harus diapresiasi.

(15) Bendungan Paya Seunara mulai dibangun pada 2001 oleh Mbok Banteng (Ga papa.. Dwitunggal... :D ), dan hampir selesai tahun 2006 oleh pak BeYe, sempat terhambat penyelesaiannya karena bencana gempa, dan akhirnya diresmikan oleh yang sekarang tahun 2016 kemaren.

http://www.acehterkini.com/2016/07/tahun-ini-pemerintah-resmikan-bendungan-paya-seunara-sabang.html/

3 tahun oleh si Mbok, 10 tahun oleh pak BeYe, 2 tahun oleh babehnya Kaesang..
Diklaim juga?
ther..mha..lhu...

(16) Jujur saya ga ngerti klaimnya yang ini...
Bendungan Rajui ini bahkan pembangunannya memakai pembiayaan tahun anggaran 2010, 2011, dan 2012. Yang artinya tentu juga oleh pak SBY.
http://sda.pu.go.id/wiki/index.php/Bendungan_Rajui

Selesai dibangun tahun 2013...
http://travel.tribunnews.com/2017/03/06/wisata-aceh-dibangun-untuk-sumber-air-petani-waduk-rajui-padang-tiji-malah-jadi-destinasi-wisata

Mungkin ada loversnya yang berkenan ngasih klarifikasi dan penjelasan ke saya proyek apa yang dilakukan pemerintahan sekarang?

Serius, saya berterima kasih kalo ada yang mau menjelaskan.

(17) Ini waduk sejarahnya panjaaaaang bener... disertai berbagai permasalahannya terutama soal pembebasan lahan, sampai perlu setengah abad lebih sampai bisa kaya sekarang kondisinya.

Tapi intinya, percaya ga percaya, masalah pembebasan lahan hampir terselesaikan oleh pemerintah SBY, dananya pun diusahakan oleh beliau...

http://www.pu.go.id/berita/3393/PRESIDEN-SBY-:-LUAR-BIASA-MANFAAT-WADUK-JATIGEDE
https://nasional.sindonews.com/read/1039239/16/waduk-jatigede-1441075374

Yang sekarang kebagian diundang peresmian, dan ga dateng pula...
http://bandung.bisnis.com/m/read/20150504/5/532887/groundbreaking-plta-jatigede-aher-gelar-teleconference-bareng-jokowi

Logika sederhananya saja, mungkinkah pemerintahan sekarang yang usianya baru seumur jagung, 36 purnama bahkan belum genap dilalui (halah...), sanggup membangun bendungan terbesar kedua di Indonesia 100% atas USAHA SENDIRI?

Kalo kalian para pemuja berkeyakinan bahwa itu adalah keniscayaan, mungkin kalian keliru mengenali yang mana presiden sekarang dan yang mana Bandung Bondowoso, yang sanggup membangun 999 candi dalam semalam dengan mengerahkan tenaga kerja berwujud Jin, Dedemit, dan Siluman...

18. 19.
Yang ini sebelas dua belas lah, satuin aja, udah kram jempol ini mencet-mencet ngetik hurufnya..

Bendungan Bajulmati dibangun sejak 2006 oleh pak SBY
http://koran-sindo.com/page/news/2015-12-03/5/53/Waduk_Bajulmati_Mulai_Dialiri_Air

Bendungan Nipah juga mulai dibangun pak SBY tahun 2004
http://mediamadura.com/butuh-12-tahun-pembangunan-waduk-nipah-sampang-hingga-resmi-dioperasikan/

Bahkan gagasannya sudah ada dari zaman orde baru
http://regional.kompas.com/read/2016/03/19/18254551/Jokowi.Resmikan.Waduk.Nipah.yang.Digagas.pada.Era.Orde.Baru

Dan tahun 2014 sudah beroperasi
http://radarmadura.co.id/2013/10/2014-bendungan-nipah-bakal-dioperasikan/

(20) Yang terakhir ini agak kocak plus memalukan dan ga kalah keterlaluan kaya yang no. 5, sempet heboh juga beberapa waktu lalu dan dikecam oleh banyak orang.

Soalnya....
Yang bangun pak SBY..
http://www.medanbisnisdaily.com/m/news/arsip/read/2011/05/31/36143/bendungan-pandanduri-dan-titab-dimulai/

Lah kok yang tampil Si Mbok???
http://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/3094496/waduk-terbesar-di-bali-diresmikan-megawati

Lebih parah lagi, diklaim rampung sama yang ini, padahal masih tahun depan...
https://www.posbali.id/dioperasikan-2018-bendungan-titab-butuh-rp40-miliar/


Intinya..

1. Memang tidak mudah jadi pemimpin, terlebih memimpin negara dengan seperempat miliar lebih kepala manusia, tapi mbok ya jangan tambah mempersulit diri dengan kibul sana kibul sini, dusta sana dusta sini, ntar yang repot ya dirinya sendiri..

Mengutip kata-kata penjahat di film The Raid..
"Kau stop tipu-tipu, é ! Saya tak ada waktu buat kau tipu-tipu ! Kalian ini bikin saya muak saja... Kalau saya muak, saya menggila..."

2. Kesinambungan antara pemerintahan yang sudah berlalu dan pemerintahan penerusnya adalah hal yang teramat lumrah, sudah biasa dari masa ke masa. Selalu terjadi dan akan terus terjadi bahwa proyek yang belum sempat terselesaikan karena berakhirnya masa jabatan (bukan sengaja dibiarkan 'mangkrak') akan dilanjutkan oleh yang berikutnya, always have and always will..

Ya janganlah diakui sebagai karya sendiri semata, apalagi sampai memfitnah dan menjelekkan kerja keras pemerintah sebelumnya.

Ibarat main bola, sepakan penalti diselamatkan Navas, bola lalu dioper olehnya ke Ramos, diumpan ke Marcelo, diteruskan ke Kroos, dilanjutkan ke Modric, oleh Modric diberikan ke Ronaldo, dan Ronaldo memberi assist ke Bale yang lalu menyundul bola sebagai finishing dan mencetak gol dari skema panjang permainan tadi. Terus pas konfrensi pers, Bale ngaku kalo golnya tadi adalah 100% atas usahanya sendiri. Ya Ronaldo pasti bakal merinding penuh rasa geli dan jijik denger pengakuannya si Bale. Trus si Ronaldo protes keras ke Bale, dan Bale bilang "How can you bash on me so fu**in' hard???" eh, ini cerita apa sih? kok malah kaya dede Afi?

3. Saya pun meyakini bahwa pak Jokowi itu (mungkin, dan saya harap iya..) sebenernya juga punya niat baik untuk membangun negeri ini. Selama wujudnya manusia dan bukan berwujud iblis atau setan, saya tidak percaya ada orang yang hatinya sepenuhnya berisi kejahatan dan keburukan. Hanya saja saya punya paham yang berbeda terhadap caranya memimpin negeri ini, kebijakan-kebijakannya, dan kemana negara ini mau dibawa olehnya. Saya do'akan semoga 2 tahun mendatang kinerjanya bisa membaik, dan saya do'akan kerjanya cukup 2 tahun lagi aja, jangan sampai 7 tahun lagi... :D

Notabene :
"Pemujaan yang berlebihan itu tidak sehat."
(Patrick Star, temennya Spongebob)

#Sekian
#PeaceOut

*Sumber: fb pemulis