Di Mamuju, Menteri Agama: Jangan Terlalu Serius Dalam Beragama, Nanti Mengurangi Toleransi


[PORTAL-ISLAM.ID] MAMUJU - Menteri Agama Republik Indonesia (RI), Lukman Hakim Syaifuddin, mengimbau masyarakat Sulbar, khususnya yang ada di Mamuju untuk tidak terlalu formalis dalam memeluk ajaran Islam.

Hal itu disampaikan Menteri Agama RI saat menyampaikan sambutan di acara khatamal Quran 7769 santri dari 101 santri TPQ yang ada di Kabupaten Mamuju, Sulbar, Selasa (25/7/2017).

"Kita jangan terlalui tegang dalam menganut paham Agama, jangan kita terlalu formalistis dalam menjalani kehidupan keagamaan atau terlalu serius, sehingga melupakan substansi agama, yakni saling mengasihi dan saling memperhatikan satu sama lain," kata Lukman dalam sambutannya.
Ia mengungkapkan, serius dalam beragama memang adalah sesuatu yang sangat penting.

Namun jika terlalu serius, itu berpotensi menimbulkan sesuatu yang berlebihan dan dapat mengurangi rasa toleransi dalam kehidupan sehari-hari yang seakan-akan yang berbeda harus seolah dipaksakan untuk sama dengan mereka.

"Inilah yang muncul gejala-gejala di negara-negara lain, dan sedikit-demi sedikit sudah menggerogoti bangsa kita, sehingga untuk membendung itu mari kita terus mempertahankan nilai-nilai budaya yang baik dan arif yang digunakan oleh para ulama pendahulu kita dalam menebarkan nilai-nilai Agama," ujarnya.

"Sejarah membuktikan, bahwa nilai-nilai Islam itu dapat dipertahankan melalui pendekatan rasa atau budaya karena dianggap lebih memiliki kemampuan dalam mempertahankan nilai Islam, sehingga saya mengatakan janga terlalu serius dalam beragama apalagi sampai melupakan nilai-nilai budaya yang baik yang semula di gunakan untuk menebarkan ajaran Islam," tutupnya.

Sumber: http://makassar.tribunnews.com/2017/07/25/di-mamuju-menteri-agama-jangan-terlalu-serius-dalam-beragama

***

Entah kenapa Pak Menag kerap bikin kontroversi

Beberapa pernyataan Menag Lukman yang kontroversi di media

- Rohis Diawasi
- LGBT jangan kucilkan
- Hormati Yang Tidak Puasa

Baca juga :