DAPUR UMUM INDONESIA untuk AL AQSA


[PORTAL-ISLAM.ID] AL QUDS - Di tengah munculnya kabar salah satu pintu kompleks Al Aqsa dibuka dan berlangsungnya sidang Komite Al-Aqsa, Kamis (27/7/2017) lembaga kemanusiaan Indonesia ACT mendistribusikan ribuan paket makan dan minum kepada para warga Palestina yang berjaga-jaga dan kepada para murobitun (para penjaga masjid Al Aqsa) di dalam Kompleks Al Aqsa, juga di depan Pintu Asbath. Sesaat para warga dan murobitun memang sempat dapat memasuki kompleks Baitul Maqdis atas seruan Komite dan Mufti Al Aqsa.

Situasi saat itu sangat tegang antara para jama’ah serta pihak militer zionis Israel, karena Bab Al-Hetta (Pintu Hetta) salah satu pintu masuk penting Masjid Al-Aqsa tidak dibuka oleh pihak Israel, mereka mengatakan bahwa pintu tersebut akan ditutup selamanya. Hal ini tentu mengundang amarah para jama’ah, sehingga para Komite mengatakan bahwa jika sampai waktu maghrib Pintu Hetta tak dibuka mereka akan memusatkan puluhan ribu jamaah untuk shalat magrib berjamaah di depan Bab Hetta.

Usai shalat Ashar dan jamaah masuk kedalam Masjid Al Aqsa, Tim ACT mulai membagikan makanan dan minuman kepada jamaah di dalam komplek serta di depan Bab-Asbath. Namun tidak lama setelah para murabitun dan jamaah memasuki kompleks masjid dengan teriakan kemenangan, para tentara zionis Israel mulai menembakkan peluru karet serta gas air mata kepada mereka. Tentara Israel melakukan penyerangan ke seluruh bagian komplek masjid namun lebih banyak terpusat kepada para murabitun di sekitar Pintu Hetta.

Puluhan jamaah terluka termasuk beberapa anggota Tim ACT yang terkena pukulan para tentara Zionis. Jamaah berhamburan namun Tim ACT tetap melakukan tugasnya membagikan minuman kepada para jamaah yang lelah setelah berlari menyelamatkan diri.

Setelah keadaan mulai tenang dan akhirnya jamaah secara bebas masuk ke dalam Masjid Al-Aqsa untuk shalat Magrib dan Isha, Tim ACT kembali membagikan ratusan kofta (sandwich daging kambing) kepada mu’takifiin (jamaah yang beritikaf) dan murabitun di dalam Masjid Qibli (masjid berkubah abu-abu).

Terimakasih kepada umat Islam Indonesia yang telah membantu Al Aqsa... jazakumullah khairan katsiiraa.


[video - saat tentara zionis menyerang jamaah di Al Aqsa]