TEROR BRUTAL, Usai Tarawih, Warga Muslim di Finsbury Inggris, Diseruduk Mobil Mini Van


[PORTAL-ISLAM.ID]  Setelah mendapat kecaman luas, Kantor Berita BBC Inggris akhirnya membuat liputan terkait teror di Finsbury Park, London Inggris.

BBC sempat "bungkam" selama 3 jam sebelum akhirnya menurunkan tim reportase dan melaporkan teror brutal tersebut.

Berikut kutipan beritanya.

Seorang lelaki meninggal dan delapan orang lainnya terluka setelah sebuah minibus menabrak kerumunan pejalan kaki dekat sebuah masjid di sebelah Utara London, Inggris Senin dinihari 19 Juni 2017 waktu setempat.

Sebuah minibus tiba-menerobos naik ke area pejalan kaki dan menabrak sekelompok orang, yang diyakini merupakan jamaah Masjid Finsbury Park yang baru saja menunaikan tarawih bersama setelah berbuka puasa di Muslim Welfare House, selepas tengah malam waktu London (Senin 19 Juni 2017 pagi hari waktu Indonesia).

Dewan Muslim Inggris (MCB) menyebut minibus tersebut "sengaja" hendak melindas para jamaah Masjid Finsbury Park yang baru saja menunaikan salat tarawih.

MCB mengatakan bahwa ini adalah "manifestasi kekerasan Islamofobia" dan meminta tambahan pasukan keamanan di sekitar masjid.

Sementara itu, Perdana Menteri Theresa May akan memimpin sebuah pertemuan darurat dan mengatakan bahwa polisi menganggap peristiwa inip sebagai "serangan teroris potensial".

Theresia May yang menggambarkan peristiwa ini sebagai "kejadian mengerikan", menambahkan: "Semua pikiran saya tertuju pada mereka yang terluka, orang yang mereka cintai dan memberi pelayanan darurat di tempat kejadian."

Kepolisian London telah menahan sedikitnya satu orang dekat masjid tersebut setelah peristiwa yang disebut sebagai 'insiden besar'.

Sebuah video yang diunggah ke internet seusai kejadian menunjukkan kondisi hiruk-pikuk selagi masyarakat mencoba menolong para korban.

Seorang pria tampak melakukan upaya resusitasi (CPR) kepada seorang korban, dan seorang pria lain dibebat dengan perban seadanya.

Seorang saksi mata bercerita bagaimana dia bisa luput dari terjangan minibus.

"Mobil itu meluncur begitu saja ke kami. Ada banyak orang saat itu. Kami langsung bergerak. Saya sangat kaget..kaget... kaget sekali. Ada begitu banyak tubuh tergeletak di sekitar saya. Saya bergerak ke samping. Saya hanya melompat. Semua orang terluka," paparnya.

Saksi mata lainnya yang tinggal di sebuah rusun di Seven Sisters Road, jalan tempat masjid itu berada, mengatakan orang-orang berteriak dan menjerit.

"Semuanya berteriak 'minibus menabrak orang'. Ada sebuah minibus putih berhenti di luar Masjid Finsbury Park yang sepertinya telah menabrak orang-orang yang keluar dari masjid seusai salat," ujarnya kepada BBC.

Dia mengatakan jalan itu kini penuh dengan mobil dinas polisi, ambulans, dan truk pemadam kebakaran.

Sementata beberapa saksi di lokasi kejadian - di dekat Stasiun Finsbury Park dan stadion Emirates - mengatakan bahwa lebih dari satu penyerang mungkin terlibat.

Namun pihak kepolisian London mengatakan tak ada tersangka lain.

"Pada tahap awal penyelidikan ini, tidak ada tersangka lain di tempat kejadian yang telah diidentifikasi atau dilaporkan ke polisi, namun penyelidikan berlanjut."

Pemimpin buruh dan anggota parlemen Islington Utara Jeremy Corbyn mengatakan di Twitter, ia begitu terkejut.

"Saya benar-benar terkejut dengan kejadian di Finsbury Park malam ini. Saya sudah berkomunikasi dengan masjid, polisi dan dewan Islington mengenai insiden tersebut. Pikiran saya ada pada mereka dan masyarakat yang terkena dampak kejadian mengerikan ini."

Sumber: BBC
--------
Sebelumnya, kantor berita BBC sempat dikecam warga karena tak memberitakan insiden teror ini.

Berikut beberapa kicauan netizen yang mengecam BBC