Teror Bom di Masjidil Haram


[PORTAL-ISLAM.ID]  Aparat Keamanan Arab Saudi menggagalkan sebuah rencana aksi bom bunuh diri di Masjidil Haram, Mekkah, pada Sabtu, 24 Juni 2017.

Kementerian Dalam Negeri Arab, dalam sebuah pernyataan yang dibacakan di televisi pemerintah, mengatakan bahwa tiga kelompok telah merencanakan serangan terhadap pasukan keamanan di masjid itu saat akhir Ramadan.

Pengebom bunuh diri yang terperangkap itu terlibat baku tembak dengan pasukan keamanan, lalu memicu ledakan saat dia dikepung sebuah rumah di lingkungan pejuang Mekkah, Ajyad al-Masafi, dekat masjid yang telah dijadikan basis serangan itu.

Bangunan itu runtuh, melukai enam orang asing dan lima anggota pasukan keamanan.

Sebelumnya pada hari itu, pasukan keamanan telah menembak mati seorang pria yang dicari di tempat persembunyian militan Islam lain yang dicurigai di lingkungan al-Aseelah Mekkah. Kementerian juga mengatakan bahwa sebuah kelompok ketiga telah dipecah di kota Laut Merah, Jeddah, namun tidak memberikan keterangan lebih rinci. Lima tersangka militan itu termasuk seorang wanita ditangkap.

Bulan puasa berakhir dengan Idul Fitri, yang diperkirakan jatuh pada Ahad esok. Raja Saudi biasanya menghabiskan sepuluh hari terakhir Ramadan di Mekkah.

Al Arabiya menyiarkan cuplikan ibadah umat Muslim yang sedang salat di masjid, tanpa gangguan.

Belum jelas siapa yang berada di belakang rencana penyerangan masjid itu, namun kelompok ISIS,
sebelumnya telah mengaku melakukan serangan di kerajaan itu.

Pada Mei 2016, pasukan keamanan Saudi menembak mati dua pejuang ISIS yang diduga berada di luar Mekkah, dan dua lainnya meledakkan diri di luar Mekkah.

Sumber: http://m.viva.co.id/berita/dunia/929233-masjidil-haram-diteror-bom