TERBONGKAR! Berita Aksi ANTI ISIS di London Ternyata Settingan CNN, Netizen KECAM: CNN=CRITONE NIPA NIPU


[PORTAL-ISLAM.ID]  Kantor berita CNN dituding membuat "fake news" alias berita palsu terkait liputan demo anti ISIS di London.

Kantor berita CNN sedang menghadapi tudingan pembuatan berita palsu terkait liputan aksi protes anti ISIS yang digelar setelah serangan teror bom di London.

Dalam sebuah unggahan video yang kini viral di media sosial nampak para produser CNN dan para reporter sedang mengatur sekelompok kecil pendemo yang bergabung dengan Dewan Fatwa Kota London area TKP yang dibatasi garis polisi. Nampak beberapa petugas polisi juga membantu para produser CNN tersebut.

Liputan 'palsu' tersebut pun memicu reaksi keras netizen dunia.






Menanggapi tudingan ini, seorang koresponden media senior CNN dan pembawa acara 'Reliable Sources' (Sumber Sumber Terpercaya, red), Brian Stelter, menampik keras tudingan tersebut. Stelter membela aksi CNN.

"Media lain pun melakukan hal yang sama, berada di area yang dibatasi polisi dan memfilmkan aksi protes tersebut agar mereka dapat menunjukkan spanduk-spanduk protes mereka ke media," urai Brian melalui akun twitternya @BrianStelter, Senin, 5 Juni 2017, seraya menuding BBC, AP, juga memfilmkan kejadian yang sama.

Salah satu peserta demo, Muhammad Raza, membantah tudingan bahwa aksi tersebut merupakan sebuah 'drama'.

"Tidak ada yang diatur. Kami semua memutuskan untuk turun ke jalan. Kami, para anggota sebuah perkumpulan kepercayaan yang melibatkan penganut Yahudi, Kristen, dan Islam," ujar Raza kepada The Daily Mail.

"Kami turun ke TKP dengan inisiatif sendiri untuk meletakkan karangan bunga di lokasi ledakan bom."

Namun penjelasan tersebut tidak mampu membungkam kritik yang mempertanyakan motif CNN mengatur aksi demo dan mengarahkan mereka di depan kamera.

Di Indonesia sendiri, CNN juga kerap dituding sebagai media provokatif yang tidak pernah menunjukkan keberpihakan kepada kaum Muslim. CNN Indonesia tega memberinilustrasi foto masa aksi bela Islam pada sebuah artikel tentang bibit terorisme. Hal ini akhirnya memicu beberapa pihak menyerukan blokir akun CNN Indonesia beberapa hari lalu. (Baca: Meski Dipancing Framing Jahat CNN, Netizen Tetap Kalem)

Berikut video unggahan yang menampakkan kru CNN sedang mengatur para pendemo.

Sumber: torontosun.com/2017/06/05/cnn-accused-of-fake-news-following-london-anti-isis-demonstration-coverage