SUBHANALLAH... Sholat Jama'ah Anak-anak Sekolah di Mali Afrika


[PORTAL-ISLAM.ID] Foto anak-anak sekolah di Mali Afrika ini sangat menakjubkan. Subhanallah... sungguh tidak ada pemandangan yang lebih indah dari sujud di hadapan Allah Sang Pemilik Alam Semesta.

Mali, salah satu negara di dunia yang kaya warisan budaya ini memiliki sejarah Islam yang cukup panjang.

Berlokasi di Afrika Barat, Mali menjadi negara yang diapit daratan dan sahara. Negara beribu kota Bamako tersebut dikelilingi negara Pantai Gading, Aljazair, Nigeria, Burkina Faso, Guinea, Senegal, dan Mauritania.

Muslim di negara seluas 1,24 juta kilometer tersebut mencapai 12 juta jiwa atau sekitar 92,5 persen dari total penduduk 14,5 juta jiwa.


Sebagai umat mayoritas, Muslim Mali hidup dengan damai. Mereka pun sangat toleran pada penganut agama lain. Hubungan stabil tanpa ketegangan pun ditemukan antarpenganut agama.

Mereka saling berkunjung menghadiri perayaan pernikahan ataupun kematian. Kepercayaan tradisional pun telah berakulturasi dengan baik sehingga budaya Islam dan budaya asli setempat tak mengalami bentrok atau perselisihan. Tecermin dalam sebuah manuskrip kuno di Universitas Tombuktu, yakni pendekatan tradisional ke Islam relatif moderat.

Mali terkenal memiliki peradaban Islam yang tinggi. Banyak situs peninggalan peradaban masa lalu yang kini dijadikan situs warisan dunia oleh UNESCO. Peradaban tersebut dibawa oleh Islam sejak abad kesembilan.

Saat itu, Islam masuk ke Afrika Barat oleh pedagang Muslim Berber dan Tuareg. Tak hanya sebatas kepercayaan, Islam membentuk sistem politik, sosial, hingga seni budaya.

Kerajaan Mali telah berdiri kokoh di sana jauh sebelum negara tersebut kemudian dijajah oleh Prancis.

Pada masa keemasan dinasti Islam Mali, ilmu matematika, astronomi, sastra, dan seni berkembang pesat di Mali.

Bahkan dalam catatan sejarah, orang terkaya di dunia sepanjang sejarah berasal dari Mali.

Majalah TIME pada edisi 30 Juli 2015 menyusun 10 orang paling kaya di dunia sepanjang sejarah "The 10 Richest People of All Time".

TIME menyusun Daftar 10 Orang Terkaya di dunia sepanjang sejarah ini setelah melakukan wawancara panjang dengan para pakar ekonomi dan sejarawan.

Dan hasilnya, ternyata orang nomor 1 paling kaya di dunia sepanjang sejarah adalah seorang muslim, Mansa Musa atau Raja Musa yang memerintah Kekaisaran Mali selama 30 tahun pada periode 1280-1337.

(Baca selengkapnya: TIME: Orang Terkaya Di Dunia Sepanjang Sejarah Adalah Seorang Muslim)

Peradaban Islam terus berkembang hingga di abad ke-19 saat Mali akhirnya dijajah Prancis. Mali baru merdeka di tahun 1960 sebagai negara Republik.


Baca juga :