Polisi: Penyebar Chat Habib Rizieq Anonymous Amerika, Netizen: Maksudnya, Akun TMC Polda Metro?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan mengatakan bahwa penyebar konten chat seks tersangka Rizieq Shihab dan Firza Husein berasal dari kelompok peretas atau hacker yang mengatasnamakan diri sebagai Anonymous. Berdasarkan penelusuran penyidik pula, diketahui domisili penyebar awal konten mesum itu di Amerika Serikat.

"Itu dari luar, dari Amerika, Anonymous. Kami sedang lakukan penyelidikan," tutur Iriawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (8/6/2017).

Link: http://news.liputan6.com/read/2982697/kapolda-penyebar-chat-seks-rizieq-firza-hacker-dari-amerika

Pernyataan Kapolda ini cukup menarik. Pasalnya, screenshoot percakapan pribadi Habib Rizieq dan Firda Husein tersebar luas di dunia maya pasca HP Firza disita dalam kaitan dengan kasus makar akhir November 2016 lalu.

Artinya, jika benar klaim polisi bahwa percakapan tersebut asli, maka polisi mendapatkan chat tersebut dari HP Firza yang disita polisi.

Atau, kemungkinan besar ada seseorang yang mampu mengakses HP Firza yang telah disita polisi dan menyebarkan chat tersebut.

Kemungkinan ini mengingatkan para netizen pada beberapa kejadian saat akun resmi TMC Polda Metro Jaya kedapatan berkicau dari Amerika.


Cuitan ini merujuk kepada cuitan akun @TMCPoldaMetro yang kedapatan bercuit dari San Diego, California, Sabtu 27 Mei 2017 lalu sembari memention sebuah akun pendukung Ahok.




Sampai saat ini, Polda Metro Jaya belum pernah memberikan keterangan resmi terkait dioperasikannya akun resmi TMC Polda Metro Jaya dari Amerika tersebut, sama gelapnya dengan tudingan Kapolda yang menyebut anonymous dari Amerika sebagai penyebar pertama chat Habib Rizieq dan Firza Husein.