INILAH Profil dr. Made, Pengelola Akun BlogDokter yang Kabarkan Kematian dr. Stefanus Taofik Akibat Kelelahan


[PORTAL-ISLAM.ID]  Berita kematian mendadak dokter spesialis anestesi, Stefanus Taofik di ruang jaga menjadi perbincangan hangat usai kabar tersebut diviralkan oleh akun twitter @BlogDokter yang dikelola oleh dokter asal Bali, I Made C. Wirawan.

Siapa sebenarnya Dokter Made?

Berikut profil lengkapnya.

Dokter I Made C. Wirawan, seorang dokter PNS yang bertugas sebagai Komandan Seksi Kesehatan, Secaba Rindam IX/Udayana di PPK 1 Sikes Rindam IX/Udayana, Bali.

Di dunia nyata ia sangat sederhana. Sehari-hari mengenakan jas putih dan mengobati pasien, membuatnya tak tampak berbeda dari dokter lain. Namun, saat mengasuh akun @blogdokter dia punya pengikut lebih dari 9 ribu orang di media sosial. Bisa dibilang, dialah dokter pertama yang mengawali popularitas para dokter di dunia maya, khususnya twitter, melalui akun Twitter @blogdokter.

Di dunia maya dia bukanlah sosok asing. Dengan inisial imcw ia sering muncul di beberapa milis kesehatan. Made juga aktif berbagi informasi kesehatan lewat blog dan media sosial. Dengan ‘praktik’ di dunia maya, kini ia sudah punya pengikut hingga 1,78 juta akun! Luar biasa..

Dokter Made bahkan tak segan-segan mempublikasikan alamat email, BBM, Line, dan Whatsapp kepada pasien-pasiennya.

Dokter jebolan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana ini bercerita mulai aktif di dunia maya sejak tahun 2000. Saat itu ia belum berbagi di bidang kesehatan tapi lebih banyak bergaul di dunia IT melalui beberapa milis IT. Baru sekitar tahun 2002 lelaki ini mulai menjamah dunia kesehatan di internet dengan mendirikan milis dokter_umum dan seksologi di yahoogroups.

Kedua milis yang memiliki ribuan member ini masih hidup sampai saat ini, walaupun sudah jarang aktif karena memudarnya popularitas milis.

Setelah milis, Made membuat sebuah blog di www.blogdokter.net pada tahun 2007 yang dilanjutkan dengan membuat akun Twitter @blogdokter di tahun yang sama. Baginya, semua media itu bertujuan satu: berbagi segala hal yang berbau kesehatan.

“Hal utama yang mendasari saya aktif di dunia maya memposting info kesehatan dan menjawab konsultasi adalah keinginan untuk berbagi dan memiliki banyak teman. Dengan berbagi kita bisa berguna bagi sesama dan merasa bahagia bila apa yang kita bagi itu bermanfaat bagi orang lain. Kebetulan saya belajar di bidang kesehatan maka yang saya bagi adalah informasi tentang kesehatan yang kebetulan saya baca untuk menambah pengetahuan saya,” tulisnya lewat surat elektronik.

Meski terlihat sangat aktif di dunia maya, Made mengaku tetap mengutamakan aktivitas kedinasan sehari-hari sebagai PNS di lingkungan TNI AD.

http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150105105113-255-22383/kisah-dr-made-wirawan-dokter-dunia-maya-di-balik--blogdokter/