GAS: KRISIS QATAR VS SAUDI DKK


[PORTAL-ISLAM.ID] Secara mengejutkan pada Senin (5/6/2017) Arab Saudi-Mesir-UEA-Bahrain yang kemudian diikuti beberapa negara Teluk lain memutus hubungan diplomatik dengan Qatar.

Qatar diblokade karena, menurut Saudi dkk, Qatar mendukung "Terorisme", mendukung Hamas, Ikhwanul Muslimin, dll.

Ternyata, menurut analisa dari dosen UI Ronnie Higuchi Rusli, semuanya soal FULUS & GAS Qatar yang memiliki cadangan LNG terbesar di dunia.

Melalui akun twitternya @Ronnie_Rusli, berikut paparan lengkapnya disampaikan Pak Ronnie yang juga pernah berkantor di Menko Ekuin.

1. Biar jelas "Qatar vs Saudi Dkk" fakta: Minyak bumi cadangan Saudi No1, kl gas alam (LNG) cadangan Qatar No1 di dunia. Trend dunia pakai LNG krn bersih.

2. Yg warna merah adalah lapangan gas alam terbesar di dunia Qatar+Iran 1850 TCF/Trillion Cubic Feet (Gas Masela INA 25 TCF)


3. Yg warna hijau adlh lapangan minyak Ghawar milik Saudi. Ironisnya semua lapangan minyak Saudi berada di wilayahnya yg mayoritas muslim Shiah.

4. Kalau dulu dominasi kapal tanker Saudi melalui teluk Persia, sekarang didominasi oleh kapal tanker gas alam yg super besar dr Qatar & Iran.

5. Jadi kalau soal fulus Qatar lbh liquid dari Saudi, makanya Qatar tdk manut dng kebijakan GCC (Gulf Community Countries) & berteman dng Iran.

6. GCC pimpinan Saudi mesra dng Israel sedangkan Qatar sanagt baik berhubungan dengan Iran & membantu perjuangan Hamas yg di cap Israel terroris.

7. Turki mendukung kebijakan Qatar dan Iran berhubungan cukup baik dng Turki. Lapangan Gas Qatar sebagian masuk ke wilayah Iran (30%).

8. Yg warna abu-2 tua lapangan gas Qatar dan yg abu-2 muda lapangan gas Iran. Makanya Qatar-Iran berhubungan baik, LNG 30% milik Iran.


9. Masa depannya pipa gas dari sebagian lapangan gas Iran bersama Qatar akan masuk ke Eropa melalui Iran ke Turki, tdk jadi melalui Suriah.

10. Tdk ada ribut soal politik semuanya soal fulus kl untung bersama maka akan jd sahabat itulah Iran & Qatar yg sama2 bermusuhan dg Israel.

11. Ini konflik hebat sebenarnya sulit pilihan Qatar utk cerai dng Iran krn 30% lapangan gas Qatar ada di wilayah Iran, kl cerai bisa rusak.

12. Kalau Qatar cerai dr Iran maka Iran bisa saja sedot tanpa terkendali gas yg ada dilapangan terbesar didunia itu. Berteman artinya saling setuju jmlh produksi.

13. Supply makanan ke Qatar saat ini melalui Saudi (jalur darat satu-satunya). Dan Iran (juga Turki -red) menyatakan siap mensupply makanan ke Qatar kl jalur ini ditutup Saudi.

14. Beritanya kl GCC mengeroyok Qatar maka Qatar bisa minta proteksi dari Iran (juga Turki -red). Amerika dlm keadaan sulit krn pangkalau AU terbesar berada di Qatar.

15. Qatar negara yg paling bebas berpolitik di Timteng tdk bisa dikekang Saudi karena Qatar tdk kalah kayanya dr Saudi walaupun negaranya kecil.

16. Total penduduk Saudi 20 jt. Penduduk Qatar 2,6 jt.

17. Konflik Saudi dan Qatar salah satu akibat dari kekalahan Daesh/ISIS di Suriah, & mimpi pipa gas melalui Suriah utk ke Eropa sdh hilang.

18. Konflik ini berujung pada kejadian hari ini di Iran: Daesh dapat gawe/job di Tehran dan makam Ayatolah Komeini. (selama ini tdk ada serangan ISIS ke Iran -red)

19. Pertanyaannya kok Daesh bebas ya ke mana2 mau London, Moscow atau Iran bisa semua; siapa sponsornya? Jangan2 putih & mancung semua hidungnya.

20. Yang pasti Daesh yg ke Tehran lancar berbahasa Farsi, kl engga gak bisa tembus masuk ke parlemen Iran dan ke makam Ayatolah Khomeini.

21. Daesh itu paling bebas kemanapun di dunia; mulai Moskow, London, Paris, Tehran, Istambul, Filipina dll asal ada "order" saja pasti sampai.

22. Analisa: Qatar berhubungan baik dng Iran punya lapangan gas alam bersama tp katanya mendukung Daesh (ISIS)/Teroris. Hari ini Daesh menyerang Iran.

23. Jadi hari ini sudah jelas sekali siapa yg mendukung ISIS (Daesh) di Suriah; Saudi apa Qatar?

24. Siapa saja yg berada dibelakang dan mendukung kekuatan Saudi dalam krisis politik antara Saudi vs Qatar, terkait dng yg terjadi di Suriah.

25. Benang merahnya sdh semakin menjadi jelas skrg: China-Russia-Iran-Turki-Suriah vs Amerika-Israel-Saudi dkk. Yuan sdh diterima utk bayar LNG

26. The end of petrodollar is already seen in the middle east as Yuan is accepted for payment of oil and gas by some countries.

27. Yup semua karena ada fulus besar dan fulus siapa yg diterima. 2-2nya sudah diterima sekarang (Yuan dan US$)

28. Amerika mau buat alternatif gas dari Qatar+Saudi ke Eropa melalui Suriah tapi sdh gagal, gantinya dari Russia via Turki ke Eropa.

29. Kedepannya gas melalui pipa dari Qatar+Iran+Rusia melalui South Stream pipelines ke Turki baru kemudian ke Eropa.

UPDATE BERITA:

Turki akan Kirim Pasukan Militer ke Qatar
http://internasional.republika.co.id/berita/internasional/global/17/06/08/or7gvb366-turki-akan-kirim-pasukan-militer-ke-qatar

Arab Saudi Dituding Dibelakang Serangan ISIS ke Tehran
Saudi Arabia Behind Deadly Attacks in Tehran - Iran's Revolutionary Guards
https://sputniknews.com/middleeast/201706071054407033-tehran-attacks-saudi-arabia-revolutionary-guards/


Baca juga :