Tim Jaguar Polisi Larang FPI Memburu Geng Motor, Alasannya FPI Tak Punya Wewenang


[PORTAL-ISLAM] Tim Khusus Antibandit Polresta Depok, Jawa Barat yang dikenal dengan sebutan "Tim Jaguar" tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Tak lain karena video mereka yang menertibkan konvoi Laskar Front Pembela Islam (FPI).

Jadi ceritanya, saat itu Laskar FPI tengah melakukan konvoi untuk mencari keberadaan geng motor.

Memang beberapa waktu ini, masalah geng motor tengah hangat dan meresahkan masyarakat.

Laskar FPI pun melakukan razia geng motor. Mereka bergerak dari Jagakarsa, Jakarta Selatan menuju ke arah Depok. Hingga akhirnya ketika sampai di Jalan Margonda Depok pada Kamis (25/5) pukul 03.00 WIB, konvoi Laskar FPI bertemu Tim Jaguar.

"Saya melihat rombongan FPI arah Jakarta melintas," kata Kepala Tim Jaguar Polres Depok, Iptu Winam Agus kepada kumparan (kumparan.com), Sabtu (27/5) malam.

Saat itu, Tim Jaguar memang tengah melakukan patroli, merespon aduan warga akan keberadaan geng motor yang menimbulkan keresahan di kawasan Depok, Lenteng Agung, dan Tanjung Barat.

"Tim Jaguar merespons laporan warga pinggiran perbatasan Jaksel tentang adanya geng motor. Lalu melakukan patroli arah Fatmawati, Tb Simatupang, Jagakarsa, Ps Minggu, Lenteng Agung," beber Winam.

Saat melakukan patroli, Tim Jaguar melihat konvoi FPI. Kemudian mereka menghentikannya di dekat Kampus Gunadarma Depok.

Dengan persuasif, Winam menghampiri pimpinan konvoi. Diskusi lalu dilakukan.

Winam menanyakan alasan Laskar FPI melakukan konvoi. Seperti diterangkan sebelumnya, FPI melakukan sweeping untuk mencari keberadaan geng motor.

"Mereka mengaku dari FPI Jaksel," imbuh dia.

Seperti di video yang viral itu, Winam lalu mengingatkan Laskar FPI kalau mereka tidak berwenang melakukan razia. Tugas itu sepenuhnya berada di kepolisian.

Pasukan Jaguar juga sempat mengambil beberapa benda yang dibawa Laskar FPI saat sweeping.

Kemudian, Winam meminta Laskar FPI membubarkan diri dan tidak melakukan konvoi.

Laskar FPI manut, mereka pun akhirnya kembali ke arah Jakarta Selatan.

Sebagai catatan, aksi FPI yang membantu memberantas geng motor memang juga sempat viral beberapa waktu lalu. FPI telah membubarkan dan menangkap beberapa anggota geng motor yang membawa senjata tajam.

Langkah FPI ini sebenarnya berniat baik, membantu mengatasi kerisauan masyarakat terkait keberadaan anak-anak muda yang kerap menamakan diri mereka geng motor atau gangster. Tetapi, kewenangan penindakan sesuai Undang-Undang sepenuhnya ada di tangan kepolisian.

Jadi, semoga saja apa yang dilakukan FPI ini menjadi cambuk bagi pihak kepolisian agar terus bekerja memberantas geng motor.

Sementara itu dari pihak FPI, melalui akun instagramnya menyampaikan maklumat:


"Kepada Warga, laporkan jika di daerahnya ada genk motor ke kepolisian setempat. InsyaaAllah jika kepolisian lambat respon, FPI akan bantu turun tangan mengamankan genk motor yg selama ini meresahkan warga. Untuk orangtua, tolong dijaga anak-anaknya. Jangan sampai salah pergaulan. Genk motor yg FPI tangkap ini, mereka tidak hanya mabuk miras, tp mereka sudah menggunakan Narkoba."

Sumber: Kumparan

[Berikut video saat Tim Jaguar melarang FPI]