NGOTOT Gusur Pasar Ikan, Ahok: Saya Bantu Pak Anies, Netizen: 305 PENGGUSURAN MASIH KURANG??


[PORTAL-ISLAM] Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, ia telah meminta Wali Kota Jakarta Utara Wahyu Haryadi untuk menertibkan bangunan dan hunian liar di Kampung Akuarium, Pasar Ikan, Jakarta Utara.

Arahan ini disampaikan Ahok dalam rapat pimpinan (rapim) di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa 2 Mei 2017.

"Aku sih sudah bilang Wali Kota, gusur saja, kasihan sama Pak Anies nanti kalau enggak digusur," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa sore, 2 Mei 2017

Ahok mengatakan, Anies berjanji tidak akan menggusur Pasar Ikan saat ia menjabat sebagai gubernur nantinya. Oleh karena itu, Ahok mengatakan bahwa penertiban akan dilakukan pada saat dia masih menjabat sebagai gubernur.

"Janjinya (Anies) enggak digusur, tahu-tahu digusur kan enggak enak. Kalau sekarang kan enak, bilang, 'Bukan gue yang gusur, Ahok yang gusur'," kata dia.

Ahok tidak ingin kawasan yang termasuk dalam program revitalisasi kawasan wisata bahari tersebut terus diduduki bangunan liar. Untuk menjaga kawasan tersebut tetap steril dari bangunan liar, Ahok ingin pihaknya terus melakukan penertiban saat ada bangunan didirikan di sana.

"Iya kami akan sikat sudah, ya kami sikat terus, he-he-he," ucap Ahok.

Menanggapi hal ini, Elisa Sutanudjaja, seorang arsitek, pengamat masyarakat urban perkotaan bereaksi keras.