Masya Allah, Raja Salman Mengajarkan Trump Minum dengan Tangan Kanan, Trump Pun Manut


[PORTAL-ISLAM] Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengunjungi Arab Saudi. Kunjungan ke Saudi ini merupakan lawatan pertama dalam perjalanan internasionalnya sejak dilantik menjadi presiden pada Januari lalu.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (20/5/2017), karpet merah digelar setelah pesawat kepresidenan Air Force One mendarat di Riyadh pada sekitar pukul 09.50 waktu setempat. Trump dan istrinya, Melania yang mengenakan pakaian hitam, berjalan berdampingan menuruni tangga pesawat dan disambut Raja Salman.

Ada momen yang menakjubkan saat jamuan minum, dimana Raja Salman mengajari Trump tata cara minum sesuai Syariat Islam dengan menggunakan tangan kanan.

Dalam video singkat yang beredar viral di sosial media, saat melihat Trump hendak minum dengan tangan kirinya, Raja Salman langsung mengatakan kepada Trump "(pakai) tangan kanan", Trump pun manut segera berganti memakai tangan kanan untuk minum.

Usai minum pakai tangan kanan, Trump pun bilang "always the right hand" (selalu pakai tangan kanan).

[Video]



*NB: Ada khilaf tentang minum, apakah boleh berdiri atau harus duduk, mayoritas ulama mengatakan mubah (boleh) minum sambil berdiri. Adapun hadits larangan minum sambil berdiri itu derajat hukumnya "makruh" bukan "haram" karena Nabi juga pernah minum sambil berdiri.

Tapi semua ulama sepakat dan tidak ada khilaf bahwa minum harus dengan tangan kanan, bahkan yang kidal pun tidak ada rukhshoh (keringanan) untuk minum dengan kidal, karena cuma syetan yang minum dengan tangan kiri.

“Jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya” (HR. Muslim no. 2020).