AWAS!!! HOAX BERITA TEMPO SOAL MUNARMAN (FPI)


#Klarifikasi #Hoax #Berita #Editan #Murnarman #FPI #Tempo

Beredar sebuah postingan (oleh Sumanto Al Qurtuby) yang memuat gambar yang seolah gambar tersebut adalah tangkapan layar (screenshot/cature) dari media online Tempo.co yang menampilkan judul berita yang mengandung unsur provokatif terkait juru bicara Front Pembela Islam, Munarman.

Postingan ini sudah dibagikan lebih dari 1000 kali ketika tangkapan layar diambil.

Edited: Sumber (Sumanto Al Qurtuby) sudah menghapus postingannya, dan belum memberikan klarifikasi atas apa yang sudah dia posting.

Fakta dan Penjelasan:

Setelah admin melakukan penelusuran dengan memasukkan keyword "Munarman FPI Tempo" di mesin pencari, Google, admin tidak menemukan adanya berita dengan judul yang sama dengan judul yang ada di gambar tersebut.

Namun admin menemukan adanya kemiripan tampilan di gambar tersebut dengan berita ini: https://m.tempo.co/read/news/2017/02/10/063845188/bos-fpi-diperiksa-kasus-munarman-polisi-bisa-ada-tersangka

Dan melalui pencarian tersebut, di website Tempo.co, berita yang memuat nama Munarman terakhir diposting tanggal 1 April 2017.

Dari hasil temuan ini, admin mendapatkan kesimpulan bahwa apa yang ditampilkan di gambar tersebut hanyalah editan yang dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

#TurnBackHoax