WASPADA! Tak Bisa Diakses, Website KPU Jakarta Kembali Down


[PORTAL-ISLAM]  Pemilihan Gubernur DKI Jakarta, Putaran 2, Rabu, 19 April 2017 telah dilakukan seretak di Wilayah DKI Jakarta. Namun pada hari yang sama terpantau situs resmi https://kpujakarta.go.id/ down dan tak bisa diakses.

Situs resmi KPU DKI sulit untuk diakses, butuh waktu lama untuk membuka situs tersebut. Bahkan setelah dicoba berkali-kali dapat dipastikan situ KPU Jakarta benar-benar mati total, demikian rilis Sindonews.

Kejadian ini sama persis saat putaran Pilgub DKI, Jakarta Putaran Pertama, kala itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengakui ada pihak yang ingin mencoba mengganggu akses informasi hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) melalui sistem informasi yang dimiliki penyelenggara.

Meski begitu, KPU bisa mengantisipasi gangguan tersebut dan memastikan apa yang ditampilkan sesuai dengan hasil yang didapat di lapangan.

”Jadi memang ada upaya untuk mengganggu tapi tidak terganggu. Artinya bahwa mereka berupaya tapi tidak mengganggu,” kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di kantornya, Kamis 16 Februari 2017.

Hadar mengatakan dampak yang ditimbulkan dari gangguan tersebut memang menyebabkan lalu lintas (traffic) menuju laman (website) milik KPU menjadi lebih rendah. Namun tidak sampai menyebabkan server down.

”Iya memperlambat,” tutur Hadar.

Hadar juga tidak merinci lebih jauh tentang asal dari pihak yang hendak mengganggu server milik KPU tersebut. Termasuk indikasi yang beredar bahwa ancaman berasal dari luar negeri.

”Kebetulan akses masyarakat yang mau lihat juga sangat tinggi,” tambahnya.

Sebelumnya muncul informasi di media sosial tentang ancaman peretas (hacker) yang menyerang laman milik KPU. Dalam informasi itu disebutkan bahwa serangan dilakukan dengan mengirimkan jutaan traffic dalam hitungan menit sehingga menyebabkan server KPU down.

Sumber: https://autotekno.sindonews.com/read/1198471/133/tak-bisa-diakses-website-kpu-jakarta-kembali-down-1492589896

Baca juga :