TOLAK MENTAH-MENTAH Bujukan Penguasa, Sandi: CLEAR! Kita Akan Hentikan Reklamasi!


[PORTAL-ISLAM]  Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno memastikan tetap pada janji untuk memberhentikan proses reklamasi di Teluk Jakarta.

"Posisi janji kita sudah clear. Kita akan hentikan reklamasi sebagai salah satu janji kerja kita," ujarnya di Hotel Mandarin, Jakarta Pusat, Kamis 27 April 2017.

Sandi menyebut pembatalan reklamasi akan langsung dibicarakan selepas dirinya dinyatakan resmi menang di Pilgub DKI oleh KPU.

"Setelah tanggal 4 (Mei, red), kita akan bicarakan. Kita tunggu penetapan dan kita tidak mau terburu-buru," sambungnya.

Lebih lanjut, Sandi menjelaskan bahwa dirinya akan membentuk tim transisi untuk membuat formulasi mengenai reklamasi tersebut.

"Nanti formulasi tim yang akan menghadirkan suatu kebijakan yang bisa adopsi janji kita dan memastikan kebijakan yang lebih berpihak pada nelayan," pungkasnya.

Sebelumnya dikabarkan Nenko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang berupaya agar Anies-Sandi melanjutkan mega proyek reklamasi di kawasan pantai utara tersebut.

"Kita sudah ada proses yang baru, nanti disampaikan, dilihat. Tentu harus dengan baik-baik dijelaskan. Mungkin pak Anies belum punya data yang banyak,” kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis pekan lalu, hanya berselang sehari setelah pengumuman kemenangan hitung cepat.

Luhut meyakini, Anies-Sandi pada akhirnya akan mengerti bahwa proyek reklamasi saat ini sangat penting dan tak perlu dihentikan.

"Saya kira setelah lihat datanya dari hasil penelitian tentu akan datang dengan pikiran lebih jernih. Kita bicara untuk kepentingan nasional, kepentingan Jakarta. Karena penurunan kota Jakarta itu tiap tahun bisa 17,5 cm sampai 23 cm di beberapa tempat,” ucap Luhut.

Baca juga :