Polling CNN Indonesia: Program Transportasi OK-OTRIP Anies-Sandi Kalahkan Program Petahana


[PORTAL-ISLAM] CNN Indonesia menggelar survei dalam bentuk Polling di jejaring sosial Twitter terkait adu program antar dua pasang kandidat putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

Polling kali ini terkait program transportasi massal.

Dalam Pollingnya yang digelar pada 6 April 2017, CNN Indonesia memberikan pertanyaan:

"Urusan transportasi massal Jakarta, Ahok-Djarot fokus pada proyek yang berjalan, Anies-Sandi unggulkan OK Otrip. Program siapa yang terbaik? Ahok-Djarot atau Anies-Sandi?"

Dan hasilnya, 57% responden menilai program OK Otrip Anies-Sandi yang terbaik.


APA ITU OK-OTRIP?

Setelah OK OCE (One Kecamatan One Center of Entrepreneurship), pasangan calon nomor urut 3 di Pilgub DKI, Anies Baswedan-Sandiaga Uno juga menawarkan OK-OTRIP (One karcis one trip).

Sandiaga Uno menjelaskan OK Otrip merupakan penamaan dari sistem transportasi terintegrasi yang dijanjikan keduanya. Nantinya setiap warga cukup membayar Rp 5 ribu untuk satu tujuan perjalanan.

"OK Otrip itu sebetulnya adalah bagian daripada pola transportasi massal yang terintegrasi. Yaitu bahwa kita mau mengintegrasikan semua sarana moda transportasi massal dari titik kita di permukiman sampai kita ke titik tujuan," ujar Sandiaga di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (1/2/2017).

Program ini tidak saja mengintegrasikan bus TransJakarta, tapi juga dengan angkot dan bus feeder. Sandiaga juga akan meremajakan bus feeder yang ada di Ibu Kota.

"Nah berarti bukan hanya TransJakarta yang disubsidi, tapi juga harus ada sebuah reformasi dan revitalisasi daripada angkutan-angkutan feeder tersebut. Baik itu angkutan feeder yang sekarang dipenuhi angkot dan Metro Mini itu pelan-pelan memang harus akan dikelola oleh Pemprov," jelasnya.

"Dan tentunya diremajakan, karena kayak bus Metro Mini sih sudah nggak layak lagi. Untuk kota sekelas Jakarta, angkot-angkot itu juga harus dikelola dengan baik," sambung Sandiaga.

Program ini dilakukan untuk menarik masyarakat dalam menggunakan transportasi umum. Jika kesadaran dalam menggunakan transportasi umum telah dilakukan masyarakat, pihaknya yakin program ini dapat membantu mengurai kemacetan.

"Nah dengan itu berarti kita memastikan ongkos transportasi umum untuk warga kelas menengah ke bawah bisa lebih terjangkau. Sekarang ini sampai pada 30 persen daripada penghasilan mereka habis di ongkos transportasi," ujarnya.

Tiap tujuan nantinya masyarakat bisa menggunakan karcis berlangganan dari program OK Otrip. Sistem karcis dan pembayaran dari OK Otrip nantinya juga akan menggunakan teknologi digital.

"Kita sebisa mungkin pelan-pelan mengarah ke sistem yang elektronik ya. Berkaitan dengan sistem digital ekonomi, ke depannya mereka nggak usah pakai karcis, mereka bisa pakai HP," pungkasnya.

Link: https://news.detik.com/berita/d-3410720/setelah-ok-oce-anies-sandi-kini-tawarkan-ok-otrip

[VIDEO OK-OTRIP]