NGERI. Inilah Perbedaan Perilaku Sosial di Negara Komunis VS Negara Muslim


[PORTAL-ISLAM]  Sebuah video "eksperimen sosial" tentang perbedaan antara Russia dan Dubai telah menarik perhatian ribuan netizen di seluruh dunia.

Video singkat berdurasi hampir 4 menit terdiri dari beberapa cuplikan adegan yang menggambarkan seorang pelaku yang menjatuhkan dompetnya dengan sengaja.



Pada paruh waktu pertama, pelaku, salah seorang anggota tim peneliti, menjatuhkan dompetnya dengan sengaja di jalan-jalan sebuah kota di Russia, dan pada paruh waktu kedua melakukan hal yang sama di kota Dubai.

Hasil eksperimen tersebut sangat mengejutkan dan membuat tercengang.

Saat pelaku menjatuhkan dompetnya di Russia, para pejalan kaki yang melihat sebuah dompet jatuh sebagai kesempatan untuk mengambil sebagian isinya, bahkan mengambil utuh dompet tersebut dan menyimpannya tanpa rasa malu tanpa mengembalikan kepada si pelaku yang hanya berjarak beberapa meter, padahal peristiwa ini terjadi di tengah hari bolong!

Beberapa orang bahkan bergegas lari setelah mengambil dompet tersebut atau meletakkannya dalam kantong mereka dan terus berjalan seolah tak terjadi sesuatu.

Eksperimen sosial ini menunjukkan, baik lelaki maupun perempuan berkebangsaan Russia bereaksi sama jika memperoleh kesempatan untuk mengambil sesuatu yang bukan milik mereka.

Sebaliknya, ketika pelaku melakukan eksperimen sosial ini di kota Dubai, reaksi warga Dubai sangat bertolak belakang dengan reaksi warga Rusia

Di Dubai, pelaku menjatuhkan dompetnya berulang kali, dan setiap kali pula, seseorang segera mengambil dan mengembalikan dompet tersebut, atau memberitahu pelaku bahwa dompetnya terjatuh supaya bisa segera diambil oleh pelaku.

Pelaku menunjukkan keterkejutan dan mengucapkan terima kasih atas kejujuran warga Dubai. Ia bahkan menawarkan uang sebagai ungkapan terima kasih, namun warga Dubai menolak dan mengatakan, "tak masalah!".

Pelaku pun sempat mencandai warga Dubai dengan berkali-kali mengatakan, "Terima kasih! Kalau dompet saya terjatuh di London, belum sempat menyentuh tanah, dompet saya sudah menghilang".

Mengingat eksperimen sosial merupakan penelitian ilmiah, maka faktor agama bukanlah hal yang ingin ditonjolkan dalam penelitian ini.

Eksperimen Sosial yang dibuat oleh saluran Sarkazm TV, sebuah channel asal Azerbaijan, membuat eksperimen sosial dan video jebakan untuk menggambarkan perbedaan budaya terkait perilaku sosial masyarakat.

Video yang diunggah Sarkazm TV pada laman facebook mereka telah menjadi viral dan dibagikan oleh ratusan ribu akun lain, termasuk oleh Laman Dubai.