Konser Iwan Fals di Lampung Sepi Penonton, Pengunjung: "Idealisme Iwan Fals Sudah Hilang"

(Gubernur Lampung Ridho Ficardo bernyanyi bersama Iwan Fals)

LAMPUNG - Penyanyi legendaris Iwan Fals menggelar konser yang disebutnya sebagai silaturahmi atau konser mini, usai Musyawarah Nasional (Munas) ormas Oi (Orang Indonesia) di Bandar Lampung, Minggu (23/4/2017).

Dari pantauan Lampung Online (LO), konser yang digelar di Lapangan Korpri, Kompleks Kantor Gubernur Lampung itu sepi pengunjung. Penonton hanya didominasi anggota dan pengurus ormas Oi, yang datang dari berbagai penjuru Tanah Air.

Jika diprosentase, penonton yang jumlah keseluruhannya sekira 400 orang itu, 95% adalah anggota dan pengurus Oi. Sedangkan 5% merupakan warga sekitar, terdiri dari kaum ibu dan anak-anak sekira 2% dan pria 3%.

Bahkan, banyak penonton lokal yang menyaksikannya hanya dari kejauhan, seperti di anak tangga dekat tiang bendera antara depan gedung Balai Keratun dan gedung DPRD Provinsi Lampung.

Saat LO berbincang dengan seorang penonton bernama Amir yang berasal dari Kedaton, Bandar Lampung, dia mengatakan jika sepinya penonton karena Iwan Fals sekarang bukan lagi Iwan Fals yang dulu.

"Saya ke sini bukan karena sengaja mau nonton Iwan Fals, tapi kebetulan tadi saya lewat lalu mampir. Dulu kalau Iwan Fals konser, penonton sangat ramai hingga ribuan orang memenuhi lapangan. Tapi sekarang, lihat sendiri, hanya di depan panggung saja yang ramai," ujarnya.

Ketika ditanya maksudnya 'Iwan Fals bukan lagi yang dulu', pegawai honorer itu mengatakan jika Iwan Fals yang memiliki nama asli Virgiawan Listanto itu sekarang sudah berpolitik, bukan lagi seniman murni.

"Kemarin waktu Pilgub di Jakarta, Iwan Fals mendukung cagub Ahok (Basuki Tjahaja Purnama)," ungkapnya.

Senada diungkapkan Andi, warga Telukbetung Utara, Bandar Lampung.

"Idealisme Iwan Fals sudah hilang. Bahkan saya pernah baca di media online jika Iwan Fals sudah pro ke Presiden Jokowi dan Ahok. Padahal abang tahu sendiri kan gimana keadaan ekonomi kita sekarang. Rakyat susah. Iwan Fals sekarang sudah menyembah kepada penguasa, tidak lagi membela orang pinggiran," tukasnya kesal.

Sementara, Gubernur Lampung Ridho Ficardo tampak hadir dan bernyanyi bersama Iwan Fals. Selain gubernur, Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal juga datang dan duduk di panggung kehormatan.

Ridho terlihat bernyanyi bersama Iwan Fals, melantunkan lagu bernuansa politik bertajuk 'Manusia 1/2 Dewa' dan 'Asik Gak Asik'.

Sebelumnya, dalam Munas Oi ke VI yang digelar di Lantai III, Gedung Balai Keratun, kompleks Pemprov Lampung, Sabtu (22/4) istri Iwan Fals, Rosana Listanto terpilih sebagai ketua umum Oi, mengalahkan sembilan kandidat lainnya. (fik)

Sumber: lampung-online.com