KLARIFIKASI RESMI NET MENGENAI MARISA ANITA: SUDAH 8 BULAN TIDAK AKTIF


[PORTAL-ISLAM]  Kemarin siang, Jumat 21 April 2017 lini massa twitter dihebohkan dengan pernyataan Marissa Anita seorang presenter dan jurnalis NET TV.

Dalam cuitan bertanggal 21 April 2017 tersebut Marissa tampak tidak terima dengan kekalahan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) - Djarot Saiful Hidayat di pilkada DKI Jakarta 2017 yang digelar 19 April 2017 lalu. Ia memperingatkan tentang bahaya laten ekstremis di Indonesia saat mengomentari berita tentang Prabowo Subianto yang berterimakasih kepada Imam Besar FPI Habib Rizieq.
Netizen yang marah dengan pernyataan Anita tersebut pun langsung bereaksi keras. Bahkan ada yang berencana untuk mendatangi kantor NET pada hari Sabtu 22 April 2017 untuk meminta klarifikasi.

Namun ternyata pihak NET sendiri pun mulai gerah dengan pembicaraan seputar kelakuan Marissa dan akhirnya mengeluarkan klarifikasi resmi terkait hal tersebut.

Berikut klarifikasinya.

Jakarta 21 April 2017.

Dengan hormat

Sehubungan dengan maraknya pembicaraan dan pertanyaan di media sosial yang berhubungan dengan tweet Marissa Anita, berikut ini penjelasan kami:

1. Marissa Anita sudah sejak 8 bulan lalu tidak akti sebagai presenter NET karena menempuk pendidikan S-2 di Inggris.

2. Pendapat dan komentar Marissa Anita adalah pendapat dan komentar pribadi bukan pendapat dan komentar NET, serta sama sekali tidak mewakili institusi NET.

3. NET tetap dan akan terus memegang Kode Etik Jurnalistik dan P3SPS-KPI dalam pemberitaan, termasuk pemberitaan seputar pemilihan kepala daerah.

4. NET adalah televisi yang konsisten menjalankan prinsip adil dan berimbang dalam menayangkan berita dan informasi pilkada, baik di Jakarta maupun daerah lainnya.

5. NET juga menghargai penuh apapun pilihan rakyat dan hasil akhir dari pilkada. Termasuk pilkada Jakarta putara II yang telah berlangsung 19 April 2017.

Demikian penjelasan kami.


Hormat kami,


DEDE APRIADI
Pemimpin Redaksi