WOW! Pilgub DKI Putaran Dua, AHY yang Akan Tentukan Arah Dukungan Demokrat


[PORTAL-ISLAM] Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, arah dukungan partainya untuk putaran dua Pilkada DKI Jakarta akan ditentukan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Nanti partai akan memberikan pandangan namun pada akhirnya mas AHY yang menentukan," kata Syarief di Kantor DPP Partai Demokrat di Jakarta, Senin, 6 Maret 2017.

Dia menjelaskan, AHY merupakan figur yang bertarung dalam Pilkada Jakarta dan memperoleh suara masyarakat Jakarta sebesar 17 persen yang didukung partai koalisi.

Dalam Pilkada, figur lebih dominan dalam pemenangan sehingga partai-partai politik hanya mendukung saja.

"Dalam Pilkada, figur lebih dominan sehingga parpol hanya mendukung. Dominasi pilkada itu sebenarnya terletak pada figur," ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa rapat pleno yang berlangsung sekitar tiga jam, batal mengambil keputusan terkait arah dukungan partai di putaran kedua Pilkada Jakarta 2017.

Hal itu, menurut dia, karena internal partai menilai masih membutuhkan pembahasan lebih dalam sehingga akan dibahas secara khusus.

"Pilkada DKI Jakarta belum dibahas karena perlu pembahasan khusus yang dilakukan dalam waktu singkat," kata Syarief.

Selain itu anggota Komisi I DPR itu menjelaskan bahwa koalisi parpol pendukung AHY-Sylvi masih tetap solid dan kemungkinan sikapnya sama di putaran kedua.

Menurut dia, komunikasi dengan parpol non-pendukung AHY-Sylvi sifatnya normatif dan tidak ada komitmen khusus di putaran kedua.

"Sementara dengan koalisi, komunikasi tetap intens dan pada akhirnya akan ada satu kesepakatan," katanya.
Baca juga :