Pidato Pemenang Oscar 2017 Kutip Surat Al-Maidah Ayat 32


[PORTAL-ISLAM] Academy Award atau Piala Oscar 2017 yang digelar pada 26 Februari 2017 lalu, ada sejumlah momen menarik yang terjadi di acara itu. Satu diantaranya adalah saat pidato dari pemenang film dokumentasi terbaik, yakni film 'White Helmets' yang mengutip salah satu ayat Al-Quran.

Sang sutradara film, Orlanda Von Einsiedel, dan produser film, Joanna Natasegara naik ke panggung untuk menerima penghargaan tersebut.

Yang mengejutkan dalam pidato kemenangan yang disampaikan Orlanda Von Einsiedel adalah karena ia mengutip salah satu ayat Al-Quran di atas panggung, yakni surat Al Maidah ayat 32, yang dikatakannya menjadi pedoman dalam kerja.

"Our organization is guided by a verse from the Koran: ‘to save one life is to save all of humanity’," kata Von Einsiedel.

(“Kelompok kami bekerja berlandaskan sebuah ayat dari Al Quran: 'menyelamatkan satu nyawa berarti menyelamatkan seluruh umat manusia.”)

Kutipan yang dikatakan Von Einsiedel adalah potongan surat Al Maidah ayat 32.

Allah Subhanallahu wata’ala berfirman:

وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا

"Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan satu orang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya." (QS Al-Maidah: 32) 

[videonya:]



Film berjudul White Helmets sendiri mengisahkan tentang dokumentasi perjuangan sebuah regu swadaya masyarakat di Suriah bernama Syria Civil Defence (SCD), atau yang lebih populer dengan nama White Helmets. Nama ini berdasarkan helm putih yang dipakai para sukarelawannya.

White helmets merupakan tim sukarelawan di Suriah yang bekerja untuk menyelamatkan masyarakat tak berdosa yang menjadi korban perang. Tim penyelamat ini dipimpin oleh seorang pria bernama Raed Al Saleh.