NASDEM Ajukan 3 Syarat Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar, Salah Satunya Mendukung Jokowi di Pilpres 2019


[PORTAL-ISLAM] Partai NasDem mengajukan tiga syarat dukungan Pilkada Jawa Barat tahun 2018 kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Satu di antaranya, NasDem meminta Ridwan bekerja maksimal untuk mengusung Joko Widodo pada pemilihan presiden 2019.

Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengatakan, Ridwan merupakan pintu masuk dukungan Jawa Barat untuk Jokowi. Dalam skala nasional, jumlah pemegang hak suara terbanyak berada di provinsi tersebut.

"Dia harus mampu mempercepat pembangunan di Jawa Barat yang menimbulkan rasa optmisme kuat karena pada 2019 NasDem akan kembali mendukung Jokowi," ujar di Bandung, Minggu (19/3).

Dua syarat NasDem untuk Ridwan lainnya berada di ranah ideologi dan sikap politik. Surya berkata, jika terpilih menjadi orang nomor satu di Jawa Barat, Ridwan harus menjaga kebhinekaan di provinsi tersebut.

"Ridwan Kamil harus menjaga marwah dan nilai kebangsaan seutuhnya, dengan semangat menjaga nilai kemajemukan, pluralisme, dan toleransi," ucap Surya.

Syarat ketiga, kata Surya, Ridwan tidak boleh bergabung dengan partai politik manapun jika terpilih menjadi gubernur Jawa Barat, termasuk NasDem.

Pada pemilihan wali kota Bandung 2013, Ridwan diusung Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera. Namun saat terpilih memimpin Bandung, Ridwan tidak menjadi kader dua partai tersebut.

Saat dikonfirmasi, Ridwan mengatakan akan mempelajari dan mempertimbangan tiga syarat yang diajukan NasDem tersebut. Menurutnya, NasDem belum tentu akan menjadi satu-satunya kendaraan politik yang akan mengantarkannya ke pendaftaran calon gubernur Jawa Barat.

"Saya akan tampung. Proses dari sini ke hal pasti (terdaftar resmi) itu ada dinamika. Saya review dulu, saya sebaiknya ke mana," tutur Ridwan.

Minggu pagi tadi, NasDem menggagas kirab budaya sepanjang dua kilometer sebagai bagian dari acara deklarasi dukungan mereka untuk Ridwan jelang Pilkada Jawa Barat 2018. Kegiatan itu dihadiri 27 perwakilan dewan pimpinan wilayah NasDem.

Kirab budaya itu semarak dengan atribut Nasdem dan bendera Merah Putih. Deklarasi itu dipusatkan di Lapangan Tegalega. Selain Surya, kirab tersebut juga dihadiri Enggartiasto Lukita, petinggi NasDem yang menjabat Menteri Perdagangan di Kabinet Kerja.

Sumber: CNN Indonesia

***

Langkah NASDEM (dan kemungkinan besar akan diikuti PDIP) mengusung Ridwan Kamil sebagai salah satu strategi untuk memenangkan Jokowi di Pilpres 2019 dengan menang di Jabar merupakan TARGET yang sepertinya berkaca dari Pilpres 2014 lalu.

SEPERTI diketahui di Pilpres 2014 Capres Jokowi kalah telak oleh Prabowo di provinsi Jawa Barat yang dipimpin gubernur Ahmad Heryawan dari PKS.

Prabowo benar-benar menang telak di Jawa Barat dalam Pilpres 2014. Prabowo meraih sebanyak 14.167.381 suara atau 59,78 persen dan unggul di 22 kabupaten/kota.

Sementara itu, Jokowi tertinggal jauh dengan selisih sekira 4,6 juta suara dari Prabowo. Jokowi hanya meraih 9.530.315 suara atau 40,22 persen dan hanya unggul di 4 kabupaten/kota.